SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran menggunakan Aplikasi Appypie pada Mata Pelajaran Perencaaan Bisnis Kelas X Bisnis Daring dan Pemasaran SMK Negeri 1 Turen.

TSANI ABDULLOH MU`THI

Abstrak


ABSTRAK

Tsani, Abdulloh Mu`thi. Pengembangan Media Pembelajaran menggunakan Appypie pada Mata Pelajaran Perencaaan Bisnis Kelas X Bisnis Daring dan Pemasaran SMK Negeri 1 Turen. Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : Bapak Rachmad hidayat, S.Pd. M.Pd

 

Kata Kunci : Pengembangan media pembelajaran, Appypie, Perencanaan Bisnis.

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan di SMK Negeri 1 Turen oleh guru Mata Pelajaran Perencaan Bisnis, berkaitan dengan proses pembelajaran terutama pelajaran Perencanaan Bisnis, kurangnya pemanfaatan media pembelajaran yang hanya menggunakan media Powerpoint dengan tampilan yang masih sangat sederhana, yaitu berupa teks panjang saja, dan peneliti juga melakukan observasi di kelas X Bisnis Daring dan Pemasaran 3 yang berjumlah 36 peserta didik dan semuanya mempunyai smartphone bahkan ada yang punya lebih dari satu smartphone. Berdasarkan hal tersebut peneliti mengembangkan media pembelajaran menggunakan appypie pada mata pelajaran Perencanaan Bisnis.

Tujuan penelitian pengembangan media pembelajaran menggunakan Appypie ini adalah

1) Menghasilkan produk media pembelajaran berbentuk APK (Application Package File) yang dibuat menggunakan Appypie pada mata pelajaran Perencanaan Bisnis kompetensi dasar menerapkan prosedur pengurusan surat izin usaha di kelas X Bisnis Daring dan Pemasaran SMK Negeri 1 Turen,

2) Mendeskripsikan kelayakan media pembelajaran yang menunjang proses pembelajaran pada mata Pelajaran Perencanaan Bisnis kompetensi dasar menerapkan prosedur pengurusan surat izin usaha di kelas X Bisnis Daring dan Pemasaran SMK Negeri 1 Turen.

Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan jenis penelitian pengembangan R&D (Research and Development). Terdiri dari 7 tahapan, yaitu :

1) penelitian dan pengumpulan informasi,

2) perencanaan,

3) pengembangan produk,

4) validasi produk,

5) revisi hasil validasi produk,

6) uji coba lapangan, dan penyempurnaan produk akhir. Kegiatan uji coba lapangan dilakukan pada peserta didik kelas X jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran 3. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini berupa data kualitatif dan kuantitaif, instrument pengumpulan data yang digunakan berupa angket, wawancara dan dokumentasi.

Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti dengan 2 ahli materi dan 1 ahli media telah menghasilkan media pembelajaran yang dibuat menggunakan aplikasi Appypie dan menunjukkan bahwa tingkat kelayakan media pembelajaran tersebut berdasarkan penilaian

1) Ahli materi  diperoleh total skor 126 dengan persentase 96,92%, sehingga termasuk kategori “Sangat Valid”,

2) Ahli media diperoleh total skor 82 dengan persentase 91,11% sehingga termasuk kategori “Sangat Valid”, dan

3) Penilaian uji coba lapangan diperoleh skor 2769 dengan persentase 85,64% sehingga termasuk kategori “Sangat Valid”.

Dapat disimpulkan media pembelajaran menggunakan Appypie ini yang digunakan oleh peserta didik dinyatakan sangat valid dan layak untuk digunakan sehingga media pembelajaran ini dapat digunakan peserta didik dalam proses pembelajaran di kelas maupun digunakan dalam membantu siswa belajar secara mandiri. Saran yang diajukan oleh peneliti adalah agar media pembelajaran perlu diupgrade ke versi berbayar agar penggunaan dapat maksimal, serta materi yang dikembangkan ditambah agar lebih lengkap atau materi lain.