SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Komunikasi Bisnis Siswa Kelas X Bisnis Daring dan Pemasaran SMK Negeri 1 Turen

DARMAWAN FERRY ALBYFANI ONKY

Abstrak


ABSTRAK

Darmawan, Ferry Albyfani Onky. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Komunikasi Bisnis Siswa Kelas X Bisnis Daring dan Pemasaran SMK Negeri 1 Turen. Skripsi. Program Studi Pendidikan Tata Niaga, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing, Rachmad Hidayat, S.Pd., M.Pd

 

Kata Kunci: media pembelajaran, mobile learning, android.

Media pembelajaran merupakan cara guru agar dapat memberikan informasi secara tuntas dan tanpa khawatir mengenai keterbatasan waktu adalah menggunakan media pembelajaran. Media pembelajaran juga berperan untuk membantu siswa dalam meningkatkan pemahamannya terhadap suatu objek, memudahkan penafsiran, dan memperingkas informasi. Media pembelajaran berfungsi untuk membantu siswa yang lemah dalam memahami isi pelajaran yang disajikan melalui teks atau disampaikan secara verbal. Kini dalam bidang pendidikan, media pembelajaran memanfaatkan teknologi telepon genggam  yang disebut juga dengan mobile learning (m-learning). Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan pada siswa kelas X Bisnis Daring dan Pemasaran 2 SMK Negeri 1 Turen, siswa di kelas tersebut seluruhnya menggunakan telepon genggam versi android. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran menggunakan mobile learning akan mampu menunjang kegiatan pembelajaran. Media pembelajaran mobile learning nantinya akan disesuaikan dengan sistem operasi Android yang saat ini mayoritas sedang dipakai dan berbentuk aplikasi pembelajaran.

Tujuan dari penelitian ini adalah:

(1) Menghasilkan produk media pembelajaran mobile learning berbasis android pada mata pelajaran komunikasi bisnis siswa kelas X Bisnis Daring dan Pemasaran SMK Negeri 1 Turen,

(2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran mobile learning berbasis android pada  mata pelajaran komunikasi bisnis yang telah dikembangkan melalui hasil validasi ahli,

(3) Mengetahui tanggapan dari pengguna terkait penggunaan media pembelajaran mobile learning melalui uji coba produk.

Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model penelitian yang dibuat oleh Borg and Gall (1983), yang telah dimodifikasi dan disesuaikan dengan kebutuhan peneliti, kondisi lapangan, keterbatasan waktu, dan biaya. Sehingga langkah-langkah yang digunakan dalam penelitian disederhanakan menjadi 8 langkah yang meliputi

(1) penelitian dan pengumpulan informasi;

(2) perencanaan;

(3) pengembangan produk;

(4) validasi ahli;

(5) revisi produk;

(6) uji coba lapangan;

(7) revisi produk;

(8) hasil produk akhir.

Kegiatan uji coba lapangan dilakukan pada siswa kelas X BDP 2 SMKN 1 Turen sejumlah 34 siswa. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini berupa data kuantitatif dan data kualitatif, instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa angket, wawancara, dan dokumentasi.

Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diperoleh hasil validasi oleh ahli media sebesar 98,75%, ahli validasi materi 1 sebesar 90%, ahli validasi materi 2 sebesar 80%. Data hasil penilaian dari masing-masing validator tersebut dilakukan perhitungan validitas gabungan dan mendapatkan persentase sebesar 91,88%. Berdasarkan uji coba pengguna siswa, media pembelajaran yang dikembangkan mendapatkan persentase sebesar 86,32%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media yang dikembangkan sangat valid dan layak untuk digunakan tanpa perbaikan.

Media pembelajaran ini memiliki saran pemanfaatan yang dapat digunakan yaitu

(1) Guru dapat memberikan tambahan materi agar siswa dapat memperluas literatur pengetahuannya dan tidak sebatas materi yang terdapat di dalam media pembelajaran saja,

(2) Siswa juga disarankan untuk mempelajari materi yang sama dari sumber belajar yang lain untuk memperkuat pemahaman, menambah referensi, dan mempermudah siswa dalam mengerjakan latihan soal yang terdapat dalam media pembelajaran mobile learning,

(3) Pengguna media pembelajaran baik siswa maupun guru disarankan agar membaca buku petunjuk terlebih dahulu agar memudahkan pada saat mengoperasikan media pembelajaran mobile learning berbasis android.