SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Minat Berkunjung Melalui Brand Image Pada Jawa Timur Park 3 (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Angkatan 2016 dan 2017 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang)

PUTRI TRIKINSIA ZULINKA BINTANG K

Abstrak


ABSTRAK

Putri, Trikinsia Zulinka Bintang K. 2019. Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Minat Berkunjung Melalui Brand Image Pada Jawa Timur Park 3 (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Angkatan 2016 dan 2017 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang). Skripsi, Jurusan Manajemen. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. I Wayan Jaman Adi Putra, M.Si.

 

Kata Kunci: Social Media Marketing, Brand Image, dan Minat Berkunjung

Perkembangan internet menimbulkan trend social media marketing banyak digunakan oleh perusahaan penyedia destinasi wisata untuk memasarkan destinasi wisatanya agar dapat menimbulkan minat seseorang untuk berkunjung. Minat berkunjung terjadi karena adanya faktor social media marketing dan brand image yang dimiliki oleh destinasi wisata tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui deskripsi social media marketing, brand image, dan minat berkunjung pada Jawa Timur Park 3, besarnya pengaruh langsung social media marketing terhadap brand image, dan besarnya pengaruh langsung dan tidak langsung social media marketing terhadap minat berkunjung melalui brand image.

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian deskriptif dan eksplanatory. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah social media marketing (X1) dan brand image (X2) sedangkan variabel terikat adalah minat berkunjung (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa jurusan manajemen angkatan 2016 dan 2017 yang belum pernah berkunjung tetapi mempunyai minat untuk berkunjung ke Jawa Timur Park 3 setelah melihat akun sosial media Jawa Timur Park 3 yang berjumlah 150. Sampel minimal dalam penelitian ini sebesar 115 responden yang dihitung dengan rumus slovin. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini merupakan teknik proportional random sampling. Skala yang digunakan adalah skala likert dengan 5 pilihan jawaban yaitu Sangat Tidak Setuju, Tidak Setuju, Cukup Setuju, Setuju, dan Sangat Setuju. Jenis skala ini adala skala ordinal yang ditingkatkan menjadi skala interval melauli MSI (Method of Successive Interval). Uji kelayakan instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis jalur (path).

Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa:

(1) Social media marketing diklasifikasikan tinggi;

(2) Brand image diklasifikasikan tinggi;

(3) Minat berkunjung diklasifikasikan tinggi.

Hasil uji analisis jalur menujukkan bahwa:

(1) Pengaruh social media marketing (X1) terhadap brand image (X2) diketahui sebesar 19,9% sedangkan 80,1% dipengaruhi variabel lain diluar penelitian ini;

(2) Pengaruh social media marketing (X1) dan brand image (X2) terhadap minat berkunjung (Y) diketahui sebesar 16,2% sedangkan 83,8% dipengaruhi variabel lain diluar penelitian;

(3) Pengaruh langsung dan tidak langsung social media marketing (X1) minat berkunjung (Y) melalui brand image (X2) yang menjelaskan pengaruh langsung dan tidak langsung social media marketing (X1) terhadap minat berkunjung (Y) sebesar 12,9% sedangkan pengaruh langsung dan tidak langsung brand image (X2) terahadap minat berkunjung (Y) sebesar 16,8%. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan social media marketing terhadap brand image; (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan social media marketing dan brand image terhadap minat berkunjung. Hasil koefisien determinasi total menunjukkan bahwa variabel bebas (X1) dan intervening (X2) memberi pengaruh sebesar 33,4% terhadap variabel terikat (Y). sedangkan selebihnya 66,6% dipengaruhi variabel lain diluar penelitian. Hasil uji sobel test yang dilakukan mendapatkan nilai t sebesar 3,119 karena nilai t yang diperoleh sebesar 3,199 > 1,961 dengan tingkat signifikasi 5% maka membuktikan bahwa brand image mampu memediasi hubungan pengaruh social media marketing terhadap minat berkunjung.

Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti dapat memberikan saran sebagai berikut:

(1) Jawa Timur Park 3 perlu meningkatkan aktivitas social media marketing dengan meningkatkan pelayan melalui media sosial serta memberikan informasi yang lebih tentang keunggulan wahana-wahana edukasi yang dimiliki sehingga dapat memperkuat brand image ke benak pengguna media sosial;

(2) Jawa Timur Park 3 alangkah baiknya untuk lebih sering memberikan promo-promo menarik di media sosial yang dapat meningkatkan minat berkunjung.

 

ABSTRACT

Putri, Trikinsia Zulinka Bintang K. 2019. The Influence of Social Media Marketing on Visiting Interest Through the Brand Image in Jawa Timur Park 3 (Study on Students Department of Management Force 2016 and 2017 Faculty of Economics Universitas Negeri Malang). Sarjana’s Thesis, Department of Management Faculty of Economics Universitas Negeri Malang. Dr. I Wayan Jaman Adi Putra, M.Si

 

Keywords: Social Media Marketing, Brand Image, and Visiting Interest.

The development of the internet raises the trend of social media marketing which is widely used by tourism provider companies to market their products in order to cause interest in someone to visit. Interest in visiting occurs due to social media marketing factors and the brand image possessed by these tourist destinations. The purpose of this research is to know the description of social media marketing, brand image, and interest in visiting Jawa Timur Park 3, the direct influence of social media marketing on brand image, and the amount of direct and indirect influence of social media marketing on visiting interest through brand image.

This research is quantitative research using descriptive research design and explanatory. The independent variables in this research are social media marketing (X1) and brand image (X2) while the dependent variable is the interest for a visit (Y). The population in this research are students department of management force 2016 and 2017 who have never visited but have a keen interest to visit Jawa Timur Park 3 after seeing the social media accounts of Jawa Timur Park 3 which totaled 150. The sample in this research is 115 which is calculated using Slovin formula The sampling techniques used in this research is a proportional random sampling. The scale used is the Likert Scale with 5 choices of answer, that is Strongly Disagree, Disagree, Less Agree, Agree, and Strongly Agree. This type of scale is ordinal scales that is upgraded to an interval scale through the MSI (Method of Successive Intervals). The instrument feasibility test use the validity and reliability test. Data analysis techniques use descriptive statistical analysis and path analysis (path).

The results of descriptive analysis showed that:

(1) Social media marketing is classified high;

(2) Brand image is classified high;

(3) interest in visiting the high-classified.

Test results of path analysis shows that:

(1) The influence of Social media marketing (X1) on brand image (X2) is known at 19,9% while 80,1% is influenced by other variables outside of this research;

(2) The influence of Social media marketing (X1) and brand image (X2) on interest in visiting (Y) is known at 16,2% while 83,8% by other variables outside of this research;

(3) The direct and indirect influenced of social media marketing (X1) on interest in visiting (Y) through brand image (X2) explains that the direct and indirect influence of social media marketing (X1) on interest in visit (Y) is 12,9% while direct and indirect brand image (X2) to visiting interest (Y) of 16,8%. Hypothesis test results shows that: (1) There is a positive and significant influence of social media marketing (X1) on brand image (X2); (2) there is a positive and significant influence of social media marketing (X1) and brand image (X2) on interest in visiting (Y). The results show that the determination of the coefficient of total independent variables (X1) and intervening (X2) give influence of 33,4% to dependent variables (Y). While the rest of 66.6% described other variables outside the research. The result of sobel test that has been done get z value equal to 3,119 because z value obtained by 3,119 > 1,981 with 5% significance level hence proves that image is able to mediate relationships influence of social media marketing on interest visit.

Based on the results of this study, the researchers can provide suggestions as follows:

(1) Jawa Timur Park 3 is necessary to increase the activity of social media marketing by increasing the service through social media as well as provide more information about the excellence of the vehicles education owned so as to strengthen brand image into the minds of social media users;

 

(2) Jawa Timur 3 it will be good to be more often give attractive promos in social media that can increase interest in visiting.