SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh eWOM terhadap Minat Beli melalui Kepercayaan Online Produk Nature Republic (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Angkatan 2017 dan 2018 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang)

ROMADHON UMU AWALIA

Abstrak


ABSTRAK

Romadhon, U.A. 2019. Pengaruh eWOM terhadap Minat Beli melalui Kepercayaan Online Produk Nature Republic (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Angkatan 2017 dan 2018 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang) Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. I Wayan Jaman Adi Putra, M.Si

 

Kata kunci: Electronic Word Of Mouth (eWOM), Kepercayaan Online, dan Minat Beli  

Berkembangnya era digital saat ini membuat banyak produk diketahui melalui eWOM yang tersebar dengan cepat dan luas, seperti Nature Republic yang menarik perhatian melalui eWOM  dan dapat mendorong minat  seseorang untuk melakukan pembelian. Tujuan dari penelitan ini adalah untuk mengetahui deskripsi eWOM, kepercayaan online dan minat beli produk Nature Republic, besarnya pengaruh langsung eWOM terhadap kepercayaan online, besarnya pengaruh langsung dan tidak langsung eWOM terhadap minat beli melalui kepercayaan online.

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian deskriptif dan eksplanatori. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah eWOM (X1) dan kepercayaan online (X2) sedangkan variabel terikatnya adalah minat beli (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa jurusan manajemen angkatan 2015 dan 2018 universitas negeri malang yang berjumlah 156. Sampel dalam penelitian ini adalah sebesar 125 yang dihitung menggunakan rumus Slovin, teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini merupakan teknik simple random sampling. Skala yang digunakan dalam penelitian ini adalah Skala Likert dengan 5 pilihan jawaban, yaitu sangat tidak setuju, tidak setuju, cukup setuju, setuju, dan sangat setuju. Jenis skala ini adalah skala ordinal yang ditingkatkan menjadi skala interval menggunakan uji MSI (Method Of Succeive Interval). Uji kelayakan instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis jalur (path).

Hasil analisis deskriptif dalam penelitian ini menunjukkan bahwa

(1) eWOM diklasifikasikan tinggi;

(2) kepercayaan online diklasifikasikan tinggi;

(3) minat beli diklasifikasikan tinggi.

Hasil uji analisis jalur (path) menunjukkan bahwa:

(1) pengaruh eWOM (X1) terhadap kepercayaan online (X2) diketahui sebesar 23,5% sedangkan 76,5% dipengaruhi variabel lain diluar penelitian ini;

(2) pengaruh eWOM (X1) dan kepercayaan online (X2) terhadap minat beli (Y) menjelaskan bahwa pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat adalah sebesar 30,3% sedangkan  69,7% dipengaruhi variabel lain diluar penelitian ini;

(3) pengaruh langsung dan tidak langsung eWOM (X1) terhadap minat beli (Y) melalui kepercayaan online (X2) menjelaskan bahwa pengaruh langsung dan tidak langsung eWOM (X1) terhadap minat beli (Y) sebesar 11,4% sedangkan pengaruh langsung dan tidak langsung kepercayaan online (X2) terhadap minat beli (Y) sebesar 39,9%.

Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa;

(1) terdapat pengaruh positif dan signifikan eWOM terhadap kepercayaan online;

(2) terdapat pengaruh positif dan signifikan eWOM dan kepercayaan online terhadap minat beli. Hasil koefisien determinasi total menunjukkan bahwa varaibel bebas (X1) dan intervening (X2) memberi pengaruh sebesar 46,7%  terhadap variabel terikat (Y). Sedangkan selebihnya sebesar 53,3%  dijelaskan variabel lain di luar model. Hasil uji sobel test yang telah dilakukan mendapatkan nilai t sebesar 5,531  karena nilai t yang diperoleh sebesar 5,531 > 1,657 dengan tingkat signifikansi 5% maka membuktikan bahwa kepercayaan online mampu memediasi hubungan eWOM terhadap minat beli.

Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti dapat memberikan saran sebagai berikut:

(1) Bagi Nature Republic, sebaiknya melakukan pengkajian mengenai review produk yang diberikan.

(2) Bagi peneliti selanjutnya, untuk yang tertarik melakukan penelitian yang sama, dapat mengembangkan penelitian dengan variabel bebas lain selain variabel yang telah dianalisis dalam penelitian ini seperti variabel brand image atau harga

(3) Bagi responden, diharapkan berkesempatan membaca dan melihat hasil penelitian ini untuk menambah informasi, ilmu dan wawasan mengenai Nature Republic dan informasi lain yang dibutuhkan.

 

ABSTRACT

Romadhon, U.A. 2019. The Influence Of eWOM On Purchase Intention Through Online Trust On Nature Republic (Study on Students Department Of Management Force 2017 and 2018 Faculty of Economics Universitas Negeri Malang). Sarjana’s Thesis, Departement Of Management, Faculty Of Economics, Universitas Negeri Malang. Advistor: Dr. I Wayan Jaman Adi Putra, M.Si.

 

Keywords: (electronic word of mouth) eWOM, online trust, and buying interest 

The development of digital era nowaday had made many products known thourgh eWOM which is spread rapidly and widely, such as Nature Republic wihich attracted so many attention through eWOM and able to encourage someone’s interest to make purcahses. The purpose of this research is to find the description of eWOM, online trust and buying interest on nature republic, the magnitude direct influence of direct influence of eWOM towards online trust, the influence of direct and indirect eWOM towards buying interest thourgh online trust.

This research is quantitative research using descriptive research design and explanatory. The independent variables in this research are eWOM (X1) and online trust (X2) while the dependent variable is buying interest (Y). The population in this study is management majors college student in 2015 and 2018 in universitas negeri malang, ammounting to 156. The sample in this study is 125 which is calculated using Slovin formula. The sampling technique used in this research is a simple random sampling technique. Scale used in this research is likert scale with 5 choices of answers, that is strongly disagree, disagree, simply agree, agree, and strongly agree. This type of scale is an ordinal scale that is upgraded to an interval scale through the MSI (Method Of Succeive Interval). The instrument feasibility test uses the validity and reliability test. Data analysis techniques use descriptive statistical analysis and path analysis.

The result of descripitive analysis in this study indicate that

(1) eWOM is high classified;

(2) online trust is high classified;

(3) buying interest is high classified.

The result of path analysis shows that:

(1) the eWOM (X1) on online trust (X2) is known at 23,5% while 76,5% is influenced by other variable outside this research;

(2) the influence of eWOM (X1) and online trust (X2) on buying interest (Y) explains that the influence of independent variable to dependen variable is 30,3% while 69,7% is inflenced by other variable outside this research;

(3) The direct and indirect influence of eWOM (X1) on buying interest (Y) thourgh online trust (X2) explains that the direct and indirect influence of eWOM (X1) on buying interest (Y) is 11,4% direct and indirect online trust (X2) to buying interest (Y) of 39,9%.

The result of hypothesis test shows that:

(1) there is positive and significant influenece of eWOM towars online trsust;

(2) there is positive and significant influence of eWOM and online trust toward buying interest. Result of coefficient of determination total indicate that independent variable (X1) and intervening (X2) give influence equal to 46,7%   to dependent variable (Y). While the rest of 53,3%   described other variables outside the model. The result of the test of Sobel test that has been done get t value equal to 5,531 because t value obtained by 5,531 > 1,657 with 5% significance level hence proves that kepercayaan online able to mediate relation of eWOM of buying interest.

Based on the results of this study, the research gives suggestions as follows:

(1) For Nature Republic should conduct an assessment of the product reviews provided.

(2) For the next researcher, those who are interested conducting the same research can develop research with other independent variables besides the variables analyzed in this study such as brand image or price variables.

 

(3) For respondent hopefully chance to read and see results, expected this research is to add information, knowledge and insight into Nature Republic and other information needed.