SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

ANALISIS PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN KELUARGA ETNIS TIONGHOA DALAM MEMBENTUK JIWA WIRAUSAHA (Studi Pada Siswa Etnis Tionghoa di SMK Negeri 1 Pasuruan)

Natalia Eka

Abstrak


ABSTRAK

Natalia, E. 2019. Analisis Pendidikan Kewirausahaan Keluarga Etnis Tionghoa dalam Membentuk Jiwa Wirausaha (Studi pada Siswa Etnis Tionghoa di SMK Negeri 1 Pasuruan). Skripsi, Program Studi Pendidikan Tata Niaga, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Rachmad Hidayat, S.Pd., M.Pd.

 

Kata Kunci: pendidikan kewirausahaan, etnis tionghoa, jiwa wirausaha

Pendidikan kewirausahaan dalam keluarga yang ditanamkan sejak dini sangat membantu anak memiliki jiwa dan mental yang siap dalam berwirausaha. Hal ini dapat dilihat di Negara Indonesia yang mayoritas wirausahawannya berasal dari keturunan etnis Tionghoa. Tujuan penelitian ini yaitu Mengidentifikasi pendidikan kewirausahaan keluarga etnis Tionghoa dalam membentuk jiwa wirausaha pada siswa SMK Negeri 1 Pasuruan. Bagaimana pendidikan dan kunci sukses yang diberikan oleh orang tua mereka serta mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat dalam membetuk jiwa wirausaha pada siswa keturunan etnis Tionghoa di SMK Negeri 1 Pasuruan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik purposive sampling. Subjek penelitian ini meliputi siswa keturunan etnis Tionghoa di SMK Negeri 1 kota Pasuruan beserta orang tua dan Guru Kewirausahaan SMK Negeri 1 pasuruan. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisa data dilakukan dengan cara reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa:

(1) Pendidikan kewirausahaan keluarga siswa etnis Tionghoa SMK Negeri 1 Pasuruan, orang tua mereka mengajarkan cara berwirausaha pada anak sejak kecil tidak hanya berupa teori namun juga dengan membiasakan anak untuk ikut serta dalam praktik usaha yang telah dijalankan oleh orang tuanya. Pendidikan seperti itu akan lebih membentuk mental dan jiwa anak siap dalam berwirausaha;

(2) Pendidikan kewirausahaan dalam keluarga membuat cara pandang siswa keturunan etnis Tionghoa di SMK Negeri 1 Pasuruan menjadi lebih terbuka dan berwawasan luas, dimana mereka menginginkan memiliki usaha sendiri di masa mendatang berbekal kemampuan dan ilmu yang telah diajarkan oleh orang tua mereka;

(3) Orang tua dari siswa keturunan etnis Tionghoa di Pasuruan memiliki kunci sukses berupa prinsip dan pedoman sendiri-sendiri yang telah mereka pegang dan percaya secara turun-temurun dan kemudian diwariskan kepada anak cucu mereka;

(4) Faktor pendukung dalam penelitian ini meliputi faktor internal dan  eksternal, faktor internal berupa kepercayaan diri, kemauan dan minat dalam berwirausaha, serta locus of control. Sedangkan faktor ekternal berupa dukungan keluarga, pengaruh lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat, serta pendidikan yang didapat. Faktor penghambat dalam membentuk jiwa wirausaha siswa etnis Tionghoa di SMK Negeri 1 Pasuruan yaitu: berupa modal, keyakinan akan kemampuan diri, dan manajemen waktu.

Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan

(1) Bagi siswa etnis Tionghoa SMK Negeri 1 pasuruan dapat mempertahankan mental siap berwirausaha dan mecari solusi bersama dengan orang tua, keluarga besar bahkan sekolah;

(2) Bagi kepala sekolah SMK Negeri 1 Pasuruan untuk dapat mewadahi siswa-siswa yang ingin berwirausaha dengan membantu memberi modal dan mengadakan seminar wirausaha untuk merealisasikan dan mencetak wirausahawan muda dan berbakat;

(3) Bagi orang tua siswa etnis Tionghoa di SMK Negeri 1 Pasuruan agar selalu mendukung dan memotivasi anak dalam berwirausaha;

(4) Bagi peneliti selanjutnya yang ingin membuat penelitian sejenis untuk dapat mengembangkan lingkup penelitian agar lebih luas.