SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media E-ModulePembelajaranAdministrasiUmumBerbasis Digital FlipbookUntukMeningkatkanHasil Belajar Peserta Didik (Studi Pada Peserta Didik Kelas X Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen, Kab. Malang)

AZIZAH DEVI SEPTA

Abstrak


RINGKASAN

Azizah, D.S. 2019. Pengembangan Media E-Module Pembelajaran Administrasi Umum Berbasis Digital Flipbook Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik (Studi Pada Peserta Didik Kelas X Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen, Kab. Malang). Skripsi. Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Heny Kusdiyanti, S.Pd., M.M.

 

Kata Kunci : media e-module, digital flipbook, hasil belajar.

Media pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini berupa EModul berbasis digital flipbook. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru mata pelajaran Administrasi Umum diperoleh informasi bahwa guru sulit menemukan bahan ajar yang sesuai dengan kurikulum 2013 revisi, kegiatan belajar masih menggunakan modul konvensional dan dinilai menjemukkan bagi peserta didik. Jumlah bahan ajar yang tersedia di sekolah sangat terbatas, sehingga peserta didik lebih banyak, mencatat dan mendengarkan penjelasan dari guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui :

(1) Menghasilkan produk media pembelajaran E-Module berbasis Digital flipbook,

(2) Mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan media pembelajaran E-Module Administrasi Umum berbasis Digital flipbook. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R & D).

Rancangan model pengembangan yang digunakan penelitian ini model Borg & Gall terdapat Sembilan langkah modifikasi sebagai berikut :

(1) Potensi dan Masalah,

(2) Pengumpulan Data,

(3) Desain Produk,

(4) Validasi Desain,

(5) Revisi Produk,

(6) Uji Coba Produk,

(7) Revisi Produk,

(8) Uji Coba Pemakaian,

(9) Revisi dan Produk Akhir.

Untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran E-Module berbasis digital flipbook yang dibuat peneliti menggunakan angket ahli media, ahli materi dan uji coba kelompok kecil. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini yaitu :

(1) Produk berupa media pembelajaran E-Module berbasis digital Flipbook mata pelajaran Administrasi Umum,

(2) Hasil validasi media menunjukkan rata-rata 97,00%, ahli materi menunjukkan hasil 97,27%, dan uji coba kelompok kecil menunjukkan hasil sebesar 92,85%. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil validasi dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran E-Module berbasis digital flipbook yang dihasilkan dalam kategori sangat valid atau layak untuk digunakan sebagai sumber belajar.

(3) Hasil belajar peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan hasil belajar kelas kontrol. Standar deviasi kelas eksperimen 5,78 dan kelas kontrol 8,07. Hal ini menunjukkan bahwa nilai eksperimen lebih homogen. Analisis uji t menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel (5,250 > 2,018) dengan probabilitas < 0,05 (0,00 < 0,05), maka H0 ditolak. Artinya ada perbedaan yang signifikan rata-rata hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran E-Module berbasis digital flipbook pada mata pelajaran Administrasi Umum sangat efektif dan dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Kab. Malang. ii

Saran Pemanfaatan media pembelajaran E-Module berbasis digital flipbook bagi peserta didik yaitu :

(1) Peserta didik disarankan apabila masih ada yang belum dipahami lebih baik menanyakan kepada guru mata pelajaran yang bersangkutan.

Saran pemanfaatan media pembelajaran E-Module berbasis digital flipbook bagi guru yaitu :

(1) Guru disarankan mempelajari cara penggunaan media pembelajaran E-Module berbasis digital flipbook,

(2) Menyebarkan melalui tim MGMP dengan menggunakan perkembangan teknologi baik DVD maupun flashdisk yang telah disediakan. Saran pengembangan lebih lanjut pada peneliti dan pengembangan E-Module berbasis digital flipbook adalah E-Module perlu dilakukan pembaruan agar E-Module dapat dibuka dan digunakan melalui Smartphone.