SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Modul Praktikum Matakuliah Korespondensi Bahasa Inggris untuk Mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran Universitas Negeri Malang

Setyani Fajar

Abstrak


RINGKASAN

Setyani, Fajar. 2019. Pengembangan Modul Praktikum Matakuliah Korespondensi Bahasa Inggris untuk Mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Hj. Madziatul Churiyah, S.Pd, M.M.

 

Kata Kunci: pengembangan, modul, praktikum, korespondensi

Korespondensi Bahasa Inggris merupakan matakuliah yang penting untuk dipelajari oleh mahasiswa S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran. Pada matakuliah ini mahasiswa belajar mengenai tata cara surat menyurat dalam bahasa inggris. Saat ini lingkup pekerjaan menjadi semakin luas, seperti adanya perdagangan internasional sehingga mahasiswa dituntut meningkatkan keahlian dan keterampilan yang dimiliki agar mampu bersaing dalam dunia kerja. Terdapat kendala yang dihadapi oleh mahasiswa saatperkuliahan di kelas, khususnya saat mengerjakan praktik untuk membuat surat. Hal ini dikarenakan tidak adanya panduan pada buku yang digunakan. Apalagi jika dosen atau mahasiswa tidak hadir di kelas, maka mahasiswa tidak mendapat penjelasan langsung dari dosen. Sehingga diperlukan bahan ajar untuk membantu mahasiswa meningkatkan keterampilan yang dimilikinya dengan cara melakukan praktikum secara mandiri. Bahan ajar tersebut adalah modul praktikum. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk berupa modul praktikum matakuliah Korespondensi Bahasa Inggris untuk mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran Universitas Negeri Malang dan mengetahui kelayakan dari produk yang dikembangkan melalui hasil validasi dan uji coba.

Rancangan penelitian dan pengembangan yang digunakan diadaptasi dari model R & D oleh Borg dan Gall 1983 (dalam Setyosari, 2016:292-294) yang telah dimodifikasi menjadi beberapa tahapan, yaitu

(1) Penelitian dan pengembangan informasi awal,

(2) Perencanaan,

(3) Pengembangan format produk awal,

(4) Validasi ahli,

(5) Revisi produk,

(6) Uji coba terbatas,

(7) Revisi produk,

(8) Uji coba lapangan,

(9) Revisi akhir, dan

(10) Produk akhir.

Berdasarkan penelitian dan pengembangan yang dilakukan telah dihasilkan produk berupa modul praktikum matakuliah Korespondensi Bahasa Inggris untuk mahasiswa S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran. Modul yang dikembangkan merupakan bahan ajar cetak yang terdiri dari 3 (tiga) bagian, yaitu bagian pendahuluan, bagian inti (kegiatan belajar), dan bagian penutup. Pada kegiatan belajar disajikan lembar kerja mahasiswa beserta dengan petunjuk dan langkah-langkah kerja yang dapat digunakan oleh mahasiswa sebagai panduan agar dapat lebih mudah dalam memahami dan mengerjakan praktik untuk membuat surat dalam bahasa inggris. Modul praktikum yang dikembangkan memperoleh kriteria valid dengan skor 80% oleh validator ahli modul dan skor 87,05% oleh validator ahli materi. Berdasarkan uji coba terbatas diperoleh skor 87,85% dan pada uji coba lapangan diperoleh skor 85,24% yang menunjukkan bahwa modul praktikum memperoleh respon yang baik dari mahasiswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa modul praktikum yang dikembangkan telah layak untuk digunakan dalam kegiatan perkuliahan.

Agar produk yang dihasilkan bisa dimanfaatkan dengan lebih baik maka terdapat beberapa saran, yaitu

(1) Produk disebarluaskan pada dosen pengajar matakuliah Korespondensi Bahasa Inggris dan mahasiswa yang sedang menempuh matakuliah tersebut serta dilakukan kerjasama dengan penerbit untuk penyebaran produk lebih luas,

(2) Mahasiswa mengikuti petunjuk belajar dan panduan pada lembar kerja mahasiswa serta menyelesaikan soal latihan pada modul praktikum, dan

(3) Diperlukan penelitian dan pengembangan lebih lanjut untuk mengetahui perbedaan hasil belajar mahasiswa saat menggunakan modul praktikum dan tidak menggunakan modul praktikum.

 

SUMMARY

Setyani, Fajar. 2019. Development of English Language Correspondence Practicum Module for Office Administration Education Undergraduate Students Universitas Negeri Malang. Sarjana’s Thesis, Department of Management, Faculty of Economics, Universitas Negeri Malang. Advisor: Dr. Hj. Madziatul Churiyah, S.Pd, M.M.

 

Keywords: development, module, practicum, correspondence

English correspondence is an important subject for undergraduate student of Office Administration Education. In this course, students learn about the procedure for correspondence in English. At present, the scope of work is becoming increasingly widespread, such as the existence of international trade. Students are required to improve their skills. However, students face several obstacles during class. Especially when students did practicum to make letters because there is no guide in the book. Moreover, if the lecturer or students do not attend the class, the students would not get direct explanation from the lecturer. Therefore there is a need for teaching materials to help students to be able to study and carry out practical work independently. The teaching material is in the form of practicum module. The purpose of this study was to produce an English Language Correspondence practicum module for undergraduate students of Office Administration Education Universitas Negeri Malang and to find out the feasibility of the product developed through the results of expert validation and trials activities.

This research and development model was adapted from the R & D by Borg and Gall 1983 (in Setyosari, 2016: 292-294) which has been modified into several stages;

(1) Research and development of initial information,

(2) Planning,

(3) Initial product development,

(4) Expert validation,

(5) Product revision,

(6) Preliminary field testing,

(7) Product revision,

(8) Main Field testing,

(9) Final revision, and

(10) Final product.

Based on the research and development has been produced a English Language Correspondence practicum module for undergraduate students of Office Administration Education. The developed module is a print teaching material that consisting of 3 (three) sections; introduction section, core part (learning activity), and closing section. In learning activities, a student worksheet is presented along with instructions and work steps that can be used by students as a guide in doing practice to making letters. The developed practicum module obtained valid criteria with a score of 80% by module expert validator and a score of 87.05% by the material expert validator. The preliminary field testing resulted 87.85% and the main field testing score was 85.24% that show the practicum module has received a good responses from undergraduate students. Therefore, it can be concluded that the developed practicum module is feasible to use in lecture activities.

In order for the products to be utilized better, there are a number of suggestions;

(1) Products should be disseminated to lecturers of English Language Correspondence courses and students who are taking the course and collaborating with publishers for wider product dissemination,

(2) Students are advised to follow the study instructions and guidelines on the student worksheet and complete all practice questions in the practicum module, and

 

(3) Further research and development is needed to determine the differences in student learning outcomes when using the practicum module.