SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Implementasi Model PembelajaranTwo Stay Two Stray untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Kearsipan di SMK Cendika Bangsa Kepanjen

DEWI BRILIANTINA NAZIHATIF FITRIA

Abstrak


ABSTRAK

Dewi, Briliantina Nazihatif Fitria. 2019. Implementasi Model PembelajaranTwo Stay Two Stray untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Kearsipan di SMK Cendika Bangsa Kepanjen. Skripsi, Jurusan Manajemen, Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. H. Mohammad Arief, M.Si.

 

Kata Kunci:two stay two stray, keaktifan dan hasil belajar.

Berdasarkan hasil pengamatan dan informasi ditemukan suatu masalah saat proses pembelajaran berlangsung. Kurangnya keaktifan peserta didik yang masihkurang dan suasana belajar cara mengajar  guru yang masih menggunakan model kuno atau konvensional (ceramah, tanyajawab, penugasan) yang mengakibatkan pembelajaran tersebut kurang inovatif. Peserta didik yang kurang aktif dan kurang bersemangat saat proses pembelajaran berlangsung. Peserta didik cenderung pasif pada saat pembelajaran rendahnya hasil belajar. Salah satu cara alernatif yang dapat merangsang keaktifan peserta didik dalam belajar adalah implementasi model pembelajaran Two Stay Two Stray. Tujuan penelitian ini diperoleh mengetahui

(1) keaktifan peserta didik kelas X OTKP SMK  Cendika Bangsa dengan menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Sray pada mata pelajaran Kearsipan.

(2) peningkatan hasil belajar peserta didik kelas X OTKP SMK Cendika Bangsa dengan menggunakan model pembelajaranTwo Stay Two Stray pada mata pelajaran Kearsipan.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindak kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi keterlaksanaan implementasi model pembelajaran Two Stay Two Stray, testertulis, lembar penilaian hasil belajara spek kognitif, afektif, dan psikomotorik dan lembar penilaian keaktifan. Terdapat 2 siklus dalam penelitian ini dan memiliki 4 tahapan:

(1) perencanan,

(2) pelaksanaan,

(3) pengamatan dan

(4) refleksi.

Hasil dari penelitian ini adalah

(1) Implementasi model pembelajaran Two Stay Two Stray pada mata pelajaran Kearsipan di kelas X OTKP SMK Cendika Bangsa Kepanjen dapat terlaksana dengan sangat baik. Keterlaksanaan aktivitas peserta didik dapat terlaksana dengan sangat baik.

(2) Hasil belajar aspek kognitif yang diperoleh melalui posttest, pada siklus I dan siklus II memperoleh peningkatan nilai dalam hasil belajar. Pada aspek afektif juga mengalami peningkaan siklus I ke siklus II. Pada aspek psikomotorik siklus I  dan siklus II juga mengalami peningkatan dalam aspek keterampilan.

(3) Hasil keaktifan belajar yang diperoleh pada siklus I  dan siklus II mengalami peningkatan.

Kesimpulan yang di dapat dalam penelitian ini adalah:

(1) model pembelajaran Two Stay Two Stray pada pembelajaran kearsipan kelas X OTKP SMK Cendika Bangsa berjalan dengan baik dan sesuai dengan RPP.

(2) Model pembelajaran Two Stay Two Stray dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.