SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PengembanganInstrumenPenilaianAutentikBerbasisKinerjapada Mata PelajaranAdministrasiUmumKompetensiDasarMenerapkanProsedurPenataan Surat/Dokumen(StudipadaPesertaDidikKelas X Otomatisasidan Tata KelolaPerkantoranSMK Negeri 1 Turen, Kabupaten Malang).

EKAWATI DITA

Abstrak


ABSTRAK

Ekawati, Dita. 2019. Pengembangan Instrumen Penilaian Autentik Berbasis Kinerja pada Mata Pelajaran Administrasi Umum Kompetensi Dasar Menerapkan Prosedur Penataan Surat/Dokumen (Studi pada Peserta Didik Kelas X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran SMK Negeri 1 Turen, Kabupaten Malang). Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: H. Imam Bukhori., S.Pd., M.M., M.Pd.

 

Kata Kunci: Penilaian Autentik, Penilaian Kinerja, Pembelajaran Administrasi Umum, Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran X.

Instrumen penilaian yang dikembangkan dalam penelitian ini berupa instrumen penilaian autentik berbasis kinerja yang terdiri dari penilaian pada ranah kognitif, ranah psikomotorik, dan ranah afektif. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru pengajar mata pelajaran Administrasi Umum didapatkan informasi bahwa SMK Negeri 1 Turen sudah menerapkan Kurikulum 2013 dan sudah menggunakan penilaian autentik namun belum secara maksimal. Dikarenakan guru masih mengalami kesulitan dalam penyusunan penilaian kinerja dengan menggunakan skor (rating scale) melalui rubrik penilaian serta keterbatasan waktu dan tenaga dalam penyusunannya. Hal ini menyebabkan penilaian pada ranah keterampilan belum dilaksanakan dengan autentik secara maksimal.

Penelitian ini bertujuan untuk:

(1) menghasilkan produk berupa penilaian autentik berbasis kinerja dalam mata pelajaran Administrasi Umum kompetensi dasar menerapkan prosedur penataan surat/dokumen,

(2) mendeskripsikan kelayakan instrumen penilaian autentik berbasis kinerja yang dikembangkan dengan metode Research and Development (R&D). Rancangan model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini mengadaptasi delapan langkah dari sepuluh langkah penelitian dan pengembangan dalam Sugiyono (2017). Untuk mengetahui kelayakan instrumen penilaian autentik berbasis kinerja yang dikembangkan, peneliti menggunakan angket validasi konstruk oleh ahli asessmen, angket validasi isi oleh ahli materi, angket tanggapan guru pengajar dan angket respon peserta didik.

Tahapan-tahapan dalam penelitian dan pengembangan ini meliputi:

(1) potensi dan masalah,

(2) pengumpulan data,

(3) desain produk,

(4) validasi desain,

(5) revisi produk,

(6) uji coba produk,

(7) revisi produk,

(8) produk akhir.

Subjek uji coba pada penelitian ini adalah Guru pengajar dan peserta didik kelas X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran I SMK Negeri 1 Turen, Kabupaten Malang. Jenis data yang diperoleh dari keseluruhan tahapan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah data kuntitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif berupa data validasi dan uji coba produk terhadap desain produk hasil pengembangan, sedangkan data kualitatif berupa saran dan masukan yang diperoleh dari hasil validasi dan uji coba produk.

Hasil dari penelitian dan pengembangan ini yaitu:

(1) produk berupa instrumen penilaian autentik berbasis kinerja yang terdiri dari penilaian kognitif, penilaian psikomotorik, dan penilaian afektif,

(2) berdasarkan hasil validasi konstruk dan validasi isi serta uji coba terhadap guru dan peserta didik Otomatisasi dan Tata kelola Perkantoran 1 menunjukkan hasil bahwa instrumen penilaian yang dikembangkan sangat valid dan mudahdigunakanbaikdarisegikebahasaan, kejelasan, sistematika, kesesuaianisi, dankelengkapanisi.

 

Saran pemanfaatan, guru dapat memanfaatkan produk pengembangan ini sebagai pedoman dalam menyusun penilaian autentik berbasis kinerja pada Kompetensi Dasar maupun pada Mata Pelajaran lain. Saran diseminasi, pihak sekolah masih perlu mendiskusikan produk pengembangan untuk menyempurnakan produk akhir sebelum menginformasikan dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP)  Administrasi Umum apakah produk penilaian layak untuk digunakan bersama-sama oleh sesama guru Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran. Sedangkan untuk pengembangan produk lebih lanjut, peneliti menyarankan kepada peneliti lain untuk meneruskan penelitian ini sampai pada tahap diseminasi dan tahap implementasi produk.