SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis MS. Access untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Kearsipan

Nadhiroh Nur Fidia Shokhifatun

Abstrak


RINGKASAN

Nadhiroh, Nur Fidia Shokhifatun. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Ms.Access Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kearsipan. Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. H. Mohammad Arief, M.Si

 

Kata Kunci: Pengembangan media pembelajaran, Ms.Access, Kearsipan, Hasil   Belajar

Media pembelajaran merupakan perangkat lunak (Software) yang berupa pesan atau informasi pendidikan yang disajikan dengan menggunakan suatu peralatan atau alat bantu (Hardware) agar pesan atau informasi tersebut dapat tersampaikan pada siswa. Untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik maka digunakan media pembelajaran berbasis Ms.Access, Ms.Access itu sendiri merupakan sebuah perangkat lunak yang berguna untuk membuat dan mengelolah basis data atau lebih dikenal dengan database. Penelitian ini bertujuan untuk

(1) menghasilkan produk media pembelajaran pada mata pelajaran kearsipan menggunakan media pembelajaran Ms.Access,

(2) mengetahui kelayakan media pembelajaran Ms.Access untuk peserta didik,

(3) mengukur penguasaan dan pemahaman media pembelajaran Ms.Access dan materi pembelajaran kearsipan.

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model Research and Development (R&D) oleh Sugiyono yang telah dimodifikasi dan disesuaikan dengan keadaan di lapangan. Subjek dalam penelitian ini adalah validator ahli media dan ahli materi. Selain itu, subjek uji coba kelompok kecil dalam penelitian ini terdiri dari enam peserta didik kelas X OTKP 2. Sedangkan subjek uji coba kelompok besar dalam penelitian ini terdiri dari peserta didik kelas X OTKP 1 sebagai kelas kontrol dan X OTKP 2 sebagai kelas Eksperimen yang masing-masing berjumlah 25 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi wawancara, angket, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif serta menggunakan analisis data uji Independent-Sample T test untuk mengetahui hasil belajar peserta didik.

Hasil penelitian dan pengembangan menunjukan bahwa

(1) peneliti dapat menghasilkan media pembelajaran berbasis Ms.Access pada mata pelajaran Kearsipan untuk SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen,

(2) produk media pembelajaran berbasis Ms.Access layak digunakan unuk mata pelajaran Kearsipan,

(3) adanya peningkatkan hasil belajar peserta didik. Dengan  presentase  sebagai berikut, kelayakan media pembelajaran pada ahli media sebesar 97% dan kelayakan media pembelajaran ahli materi sebesar 96%, selain itu, berdasarkan uji coba kelompok kecil kelayakan media pembelajaran memperoleh presentase sebesar 92%. Berdasarkan  rumus yang telah ditetapkan. Rata-rata hasil belajar kelas eksperimen sebesar 84,16% dan rata-rata hasil belajar kelas kontrol sebesar 75,86 %. Hal tersebut menunjukan bahwa media pembelajaran berbasis Ms.Access  efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.