SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Appy Pie Menggunakan Smartphone Android Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Humas Dan Keprotokolan (S tudi Pada Peserta Didik Kelas XI OTKP d i Sm

Sa'dya Amira Kamelia

Abstrak


RINGKASAN

Sa’dya, A. K. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Appy Pie Menggunakan Smartphone Android Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Humas Dan Keprotokolan (Studi Pada Peserta Didik Kelas XI OTKP di Smkn 2 Kediri). Skripsi. Jurusan Manajemen, FakultasEkonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing:Prof.Dr. H. HeriPratikto, M.Si.

 

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Appy Pie, Hasil Belajar.

Media pembelajaran berbasis appy pie merupakan salah satu inovasi media pembelajaran yang mampu mengikuti perkembangan zaman dan perkembangan pembelajaran pada abad 21. Media pembelajaran berbasis appy pie diharapkan dapat menjadikan pembelajaran menjadi lebih interaktif, menyenangkan, dan memungkinkan peserta didik dapat belajar kapanpun dan dimanapun sehingga dapat meningkatkan hasil belajarnya. Penelitian pengembangan ini dilaksanakan dengan tujuan antara lain:

(1) untuk menghasilkan produk media pembelajaran berbasis appy pie,

(2) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara peserta didik yang menggunakan media pembelajaran berbasis appy pie dengan peserta didik yang tidak menggunakan media pembelajaran berbasis appy pie, dan

(3) untuk menguji tingkat efektivitas media pembelajaran.

Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan menggunakan langkah-langkah metode menurut Borg and Gall yang dikembangkan oleh Sugiyono dengan modifikasi menjadi delapan tahapan:

1) penentuan potensi dan masalah,

2) pengumpulan data,

3) desain produk,

4) validasi desain,

5) revisi desain,

6) ujicoba lapangan terbatas,

7) revisi produk, dan 8) ujicoba lapangan luas. Subjek uji coba lapangan adalah peserta didik kelas XI OTKP 1 dan kelas XI OTKP 2 yang masing-masing berjumlah 35 peserta didik.

Hasil penelitian ini berupa media pembelajaran berbasis appy pie yang dirancang menggunakan sebuah software perancang aplikasi berbasis online yakniwww.appypie.com yang telah divalidasi oleh ahli media, ahli materi, dan peserta didik. Hasil validasi dari ahli media sebesar 95,31%, dari ahli materi sebesar 89,06%, dan dari peserta didik sebesar 87,75% yang menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis appy pie “Sangat Valid” sehingga layak untuk digunakan. Selain itu, penelitian ini juga melihat perbedaan hasil belajar kognitif dan psikomotorik dari kelas eksperimen sebesar 84,28dan 88 dan dari kelas kontrol sebesar 81,62 dan 82,71 yang menunjukkan  rata-rata nilai kelas eksperimen baik dari ranah kognitif dan ranah psikomotorik lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata nilai kelas kontrol dapat dikatakan bahwa media pembelajaran berbasis appy pie dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Berdasarkan perbandingan hasil belajar tersebut dihasilkan analisis data menggunakan uji t sampel independen dengan Sig. (2-tailed) sebesar 0,041