SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Country of Origin dan Harga Terhadap Minat Beli Smartphone Xiaomi (Studi Pada Mahasiswa Prodi S1 Manajemen Angkatan 2016 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang)

Permata Intan Sari

Abstrak


ABSTRAK

Permata, Intan. 2019. Pengaruh Country of Origin dan Harga Terhadap Minat Beli Smartphone Xiaomi (Studi Pada Mahasiswa Prodi S1 Manajemen Angkatan 2016 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang). Skripsi. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Aniek Indrawati, S.Si., M.M.

 

Kata Kunci: Country of Origin, Harga, Minat Beli

Minat konsumen untuk melakukan rencana pembelian terhadap suatu produk tidak hanya memperhatikan karakteristik produk saja, tetapi juga berdasarkan negara yang memproduksinya (Country of origin). Country of origin merupakan persepsi konsumen tentang negara asal suatu produk diproduksi. Selain memperhatikan negara yang memproduksi terdapat aspek lain yang dapat mempengaruhi konsumen dalam melakukan pembelian yaitu harga, Harga merupakan nilai yang ditentukan perusahaan untuk suatu produk dalam satuan uang. Dengan memperhatikan beberapa karakteristik seperti country of origin dan harga di harapkan akan menumbuhkan minat beli konsumen, dalam penelitian ini adalah calon konsumen smartphone Xiaomi.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:

(1) Deskripsi country of Origin, harga dan minat beli smartphone Xiaomi

(2) Pengaruh country of origin terhadap minat beli smartphone Xiaomi,

(3) Pengaruh harga terhadap minat beli smartphone Xiaomi.

(4) Variabel mana yang dominan pengaruhnya terhadap minat beli smartphone Xiaomi pada mahasiswa prodi S1 Manajemen angkatan 2016 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian deskriptif dan explanatory research. Pengumpulan data menggunakan kuesioner tertutup. Uji kelayakan instumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa prodi S1 Manajemen Angkatan 2016 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang yang belum pernah menggunakan dan berminat pada smartphone Xiaomi. Teknik pengambilan sampel proportional random sampling. Perhitungan sampel menggunakan rumus Slovin dengan hasil sampel sebesar 110 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah Statistik Deskriptif dan Regresi Linier Berganda.

 

Hasil Penelitian menunjukan bahwa persepsi responden terhadap 3 variabel penelitian cukup baik. Hal ini ditunjukkan oleh nilai Grand Mean sebesar 3.69 untuk variabel country of origin, 3.38 untuk variabel harga, 3.48 untuk minat beli.Hasil analisis data menunjukan variabel country of origin berpengaruh positif dan signifikan, Harga berpengaruh negatif dan signifikan terhadap minat beli smartphone Xiaomi. Variabel country of origin lebih dominan berpengaruh daripada variabel harga.