SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Harga, Iklan, dan Electronic Word of Mouth Terhadap Minat Beli di Bukalapak Studi pada Mahasiswa Prodi S1 Manajemen Angkatan 2016 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang

Dwi Hendra Basuki Putra

Abstrak


ABSTRAK

Dwi, Hendra. 2019. Pengaruh Harga, Iklan, dan Electronic Word of Mouth Terhadap Minat Beli di Bukalapak Studi pada Mahasiswa Prodi S1 Manajemen Angkatan 2016 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Skripsi. Jurusan Manajemen. Program Studi S1 Manajemen. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Aniek Indrawati, S.Si.,M.M.

 

Kata Kunci: Harga, Iklan, Electronic Word of Mouth, Minat Beli

Konsumen dapat dipengaruhi oleh berbagai hal sebelum melakukan pembelian. Ketika konsumen merasa kesulitan membandingkan produk-produk dari merek yang berbeda, maka konsumen akan melakukan evaluasi pada aspek harga. Selain itu, konsumen juga dapat dipengaruhi oleh aspek iklan yang disampaikan oleh perusahaan melalui berbagai media. Adanya perkembangan teknologi, juga memunculkan model baru yakni electronic word of mouth yang bisa digunakan untuk mendapatkan informasi secara online dari konsumen lain. Dengan adanya beberapa hal tersebut diharapkan dapat memunculkan Minat Beli, yang dalam penelitian ini adalah pada calon konsumen Bukalapak.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui

(1) Deskripsi variabel  Harga, Iklan, Electronic Word of Mouth dan Minat Beli,

(2) Pengaruh Harga terhadap Minat Beli,

(3) Pengaruh Iklan terhadap Minat Beli,

(4) Pengaruh Electronic Word of Mouth terhadap Minat Beli di Bukalapak.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis riset deskriptif dan eksplanatory. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner tertutup yang diproses menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Prodi S1 Manajemen Angkatan 2016 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang yang belum membeli di Bukalapak tetapi pernah mengakses situs dan melihat iklan Bukalapak, sehingga termasuk dalam populasi terhingga (finite population). Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling. Perhitungan sampel menggunakan rumus Slovin dengan hasil 95 responden yang dibulatkan menjadi 100 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah Regresi Linier Berganda, dan uji hipotesis yang digunakan adalah uji t.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi responden terhadap empat variabel penelitian sudah baik. Hal ini ditunjukkan oleh nilai Grand Mean masing-masing variabel sebesar 3,90 untuk variabel Harga, 3,79 untuk variabel Iklan, 3,70 untuk variabel eWOM, dan 3,80 untuk variabel Minat Beli. Hasil analisis data menunjukkan variabel harga berpengaruh negatif terhadap minat beli, sedangkan variabel iklan dan eWOM berpengaruh positif terhadap minat beli.

 

Bukalapak sebaiknya bisa mengadaptasi strategi dari kompetitor yang membuat konsumen tertarik untuk melakukan pembelian. Bukalapak juga dapat melakukan program-program tertentu seperti gratis ongkir dan cash back agar membuat harga lebih murah dibanding kompetitor. Selain itu juga mulai menggunakan model iklan yang dikenal masyarakat luas, serta menambahkan fitur baru di situsnya yang membuat konsumen yakin melakukan diskusi.