SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Country of Origin Image terhadap Purchase Intention melalui Brand Image (Studi pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Angkatan 2016 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang yang Memiliki Minat Beli Produk Nike)

Agustin Atika

Abstrak


ABSTRAK

Agustin, Atika. 2019. Pengaruh Country of Origin Image terhadap Purchase Intention melalui Brand Image (Studi pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Angkatan 2016 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang yang Memiliki Minat Beli Produk Nike). Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Prof. Dr. Sudarmiatin, M.Si.

 

Kata Kunci: Country of Origin Image, Purchase Intention, Brand Image

Nike merupakan salah satu merek footwear yang terkenal di Indonesia. karena penanaman merek berupa logo dan tagline yang baik di benak konsumen. Selain itu, faktor lain seperti fakta jika Nike adalah produk keluaran luar negeri yaitu Amerika Serikat semakin menambah minat konsumen terhadap produk Nike. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui

(1) deskripsi country of origin image, brand image, dan purchase intention,

(2) pengaruh country of origin image terhadap brand image,

(3) pengaruh brand image terhadap purchase intention,

(4) pengaruh country of origin image terhadap purchase intention, dan

(5) pengaruh tidak langsung country of origin image terhadap purchase intention melalui brand image.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah Mahasiswa Jurusan Manajemen angkatan 2016 yang memiliki minat beli produk Nike. Teknik sampling yang digunakan adalah random sampling dengan perolehan sampel penelitian 110 responden. Data penelitian dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner offline kemudian diolah menggunakan program SPSS. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis path untuk mengetahui hasil uji hipotesis.

Hasil yang diperoleh dalam penelitian menujukkan jika

(1) country of origin image, brand image, dan purchase intention produk Nike menunjukkan hasil yang baik,

(2) country of origin image memiliki pengaruh yang positif signifikan terhadap variabel brand image,

(3) brand image memiliki pengaruh yang positif signifikan terhadap purchase intention,

(4) country of origin image memiliki pengaruh yang positif signifikan terhadap purchase intention, dan

(5)country of origin image memiliki pengaruh yang positif signifikan terhadap purchase intention melalui brand image.

Berdasarkan hasil yang diperoleh berikut ini terdapat beberapa saran yang dapat diberikan kepada Nike.

Pertama, Nike harus melakukan inovasi terhadap desain produk serta packaging produk. Tujuannya supaya Nike dapat selalu memenuhi kebutuhan konsumen di pasar.

 

Kedua, diharapkan Nike dapat terus meningkatkan kualitas produknya. Hal ini bertujuan untuk menjaga konsumen tetap setia serta untuk menarik lebih banyak lagi minat konsumen terhadap produk Nike.