SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Electronic Word of Mouth Terhadap Minat Beli Melalui Citra merek Kosmetik Maybelline(Studi pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Angkatan 2016 dan 2017 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang).

Puspitasari Regina

Abstrak


ABSTRAK

Puspitasari, Regina 2019. Pengaruh Electronic Word of Mouth Terhadap Minat Beli Melalui Citra merek Kosmetik Maybelline (Studi pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Angkatan 2016 dan 2017 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang). Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Aniek Indrawati, S.Si., M.M.

 

Kata Kunci: Electronic Word of Mouth, Citra Merek, Minat Beli

Saat ini kosmetik merupakan bagian dari gaya hidup masyarakat, tingginya kepedulian masyarakat terutama dikalangan perempuan membuat industri kosmetik semakin berkembang pesat. Salah satu kosmetik yang saat ini banyak dikenal masyarakat adalah kosmetik Maybelline. Peran informasi akan produk sangat dibutuhkan. Seiring dengan berkembangnya teknologi, akses informasi dapat diperoleh melalui digital. Informasi dalam bentuk pendapat mengenai suatu produk atau perusahaan melalui media elektronik disebut electronic word of mouth. Bentuk ulasan baik positif maupun negatif dari konsumen atas produk kosmetik di media elektronik dapat mempengaruhi pandangan calon konsumen terhadap citra merek, sehingga berdampak pada minat beli produk kosmetik Maybelline.

Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui:

(1) Deskripsi dari electronic word of mouth, citra merek dan minat beli;

(2) Besarnya pengaruh langsung electronic word of mouth terhadap citra merek;

(3) Besarnya pengaruh langsung citra merek terhadap minat beli;

(4) Besarnya pengaruh langsung electronic word of mouth terhadap minat beli;

(5) Besarnya pengaruh langsung dan tidak langsung electronic word of mouth terhadap minat beli melalui citra merek.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan eksplanatori. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Jurusan Manajemen Angkatan 2016 dan 2017 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang yang belum pernah membeli dan berminat untuk membeli setelah melihat review di media elektronik dan sosial media, dengan jumlah populasi 151 responden sehingga populasi yang digunakan finite. Sampel yang didapatkan dalam penelitian ini sebanyak 121 responden. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan proportional sampling. Sementara teknik analisis data yang digunakan menggunakan analisis jalur.

Hasil uji analisis jalur menunjukkan bahwa:

(1) Terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan electronic word of mouth terhadap citra merek;

(2) Terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan citra merek terhadap minat beli ;

(3) Terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan electronic word of mouth terhadap minat beli

(4) Terdapat pengaruh langsung dan tidak langsung positif dan signifikan electronic word of mouth terhadap minat beli melalui citra merek.

Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan maka peneliti memberikan saran yaitu:

(1) disediakan forum diskusi resmi secara online oleh perusahaan Maybelline;

(2) perlu menonjolkan karakteristik yang berbeda dari pesaingnya;

(3) Peneliti selanjutnya yang ingin meneliti variabel minat beli diharapkan menggunakan variabel intervening lainnya. Peneliti menyarankan menggunakan variabel trust sebagai variabel intervening.

 

ABSTRACT

Puspitasari, Regina. 2019. The Effect of Electronic Word of Mouth on Purchase Intention Through Brand Image Maybelline Cosmetics (Study on Students of Management Department 2016 and 2017, Faculty of Economics, Universitas Negeri Malang). Sarjana’s Thesis, Department of Management, Faculty of Economics, Universitas Negeri Malang. Advisor: Dr. Aniek Indrawati, S.Si., M.M.

 

Keywords: Electronic Word of Mouth, Brand Image, Purchase Intention.

Nowadays cosmetics are part of the lifestyle, the high concern of the community, especially among women, makes the cosmetics industry grow rapidly. One of the cosmetics that known in the public is Maybelline cosmetics. Information about that product is needed. The development of technology make an easy access to get information through digital. Information by the opinions about product or company through electronic media is called electronic word of mouth. The reviews by consumers both positive and negative for cosmetic products in electronic media can influence consumers perspective about brand image, and impact purchase intention on Maybelline cosmetic product.

The aim of the study is to know:

(1) the description of electronic word of mouth, brand image, and purchase intention;

(2) The amount of direct influence electronic word of mouth on brand image;

(3) The amount of direct influence brand image on purchase intention;

(4) The amount of direct influence electronic word of mouth on purchase intention;

(5) The amount of direct and indirect influence electronic word of mouth on purchase intention through brand image.

The research used a quantitative approach with descriptive and explanatory types of research. The population in this research is students of Management Department 2016 and 2017, Faculty of Economics, Universitas Negeri Malang, which never buy and interested in product after seeing reviews in electronic media and social media, with population amounts 151 respondents, infinite population. The sample obtained in this study were 121 respondents. Sampling techniques in this study used a propotional sampling. While data analysis technique using path analysis.

The result of the path analysis test shows that:

(1) There is a positive and significant direct effect electronic word of mouth on brand image;

(2) There is a positive and significant direct effect brand image on purchase intention;

(3) There is a positive and significant electronic direct effect word of mouth on purchase intention

(4) There is a positive and significant direct and indirect effect electronic word of mouth on purchase intention through brand image.

Based on the results of the research, the researcher suggest:

(1) Maybelline company should provide an official discussion online platform;

(2) Maybelline company need to show characteristics that are different from competitors;

(3) For next researcher who want to examine the variable purchase intention is expected to use other intervening variable. Researcher suggest to use trust as intervening variable.