SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Good Corporate Governance (GCG) Terhadap Kualitas Laba (Studi Pada Perusahaan yang Tercatat sebagai 100 Fastest Growing Companies 2016-2018 Secara Berturut-turut Periode Penelitian Tahun 2012-2017)

LISTIANI PURI

Abstrak


Listiani, Puri. 2019. Pengaruh Good Corporate Governance (GCG) Terhadap Kualitas Laba (Studi pada Perusahaan yang Tercatat Sebagai 100 Fastest Growing Companies 2016-2018 Secara Berturut-turut Periode 2012-2017). Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Ely Siswanto, S.Sos., M.M.  

 

Kata Kunci: Kualitas Laba, Good Corporate Governance, Board Structure and Process, Ownership and Control Characteristic, dan Fast Growing Company.

aba merupakan salah satu faktor yang akan meningkatkan kinerja perusahaan. Laba yang berkualitas menjadi salah satu tolok ukur investor dalam melakukan investasi terhadap perusahaan yang mana laba yang berkualitas ini akan memberikan informasi akurat atas kondisi perusahaan yang sesungguhnya dan juga sebagai alat ukur proyeksi kinerja perusahaan di masa depan. Selain itu, laba  juga menjadi tolok ukur dalam penentuan penghargaan seperti yang dilakyukan oleh Majalah Infobank dalam penghargaan 100 Fatstest Growing Companies. Laba yang menjadi ukuran penentuan 100 Fatstest Growing Companies ini belum tentu semua berkualitas. banyak faktor yang menyebabkan laba menjadi berkualitas salah satunya yaitu implementasi Good Corportae Governance (GCG) yang baik dan sesuai peraturan. Untuk itu tujuan peneltitian ini yaitu untuk mengetahui

(1) pengaruh board strcture and process terhadap kualitas laba fast growing company (2016-2018) periode penelitian 2012-2017

(2) pengaruh ownership control and characteristics terhadap kualitas laba fast growing company (2016-2018) periode penelitian 2012-2017

(3) apakah ukuran perusahaan mempengaruhi hubungan antara board structure and process dan ownership control and characteristics pada perusahaan yang tercatat dalam fastest growing companies (2016-2018) periode penelitian 2012-2017.

Populasi dalam penelitin ini adalah perusahaan yang masuk dalam kategori 100 fastest growing company selama 3 tahun berturut-turut yaitu tahun 2016-2018. Pengambilan sampe dialkukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data yang digunakan yaitu data sekunder berupa laporan keuangan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi berganda.

Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel board strcture and process berpengaruh positif terhadap kualitas laba. Variabel ownership control and characteristics berpengaruh negative terhadap kualitas laba. Ukuran perusahaan mempengatuhi hubungan antara board characteristics and process dan ownership control and characteristicsis.

Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti memberikan saran berupa perusahaan yang masuk dalam objek penelitin ini sebaiknya meningkatkan implementasi dalam pelaksanaan board structure and process  yang baik. Investor ketika akan berinvestasi sebaiknya lebih teliti dalam menentukan pilihan. penambahan variabel yang tergolong dalam Good Corporate Governance  yaitu variabel Disclosure and Transparency  dan Variabel Shareholder Rights.