SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Pengolahan Data Arsip Untuk Meningkatkan Pengetahuan dan Keterampilan Mengarsip Dokumen Kantor Pada Peserta Didik Kelas X APK SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi Kabupaten Malang

Amaliah Ana

Abstrak


ABSTRAK

Amaliah, Ana. 2019. Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Pengolahan Data Arsip Untuk Meningkatkan Pengetahuan dan Keterampilan Mengarsip Dokumen Kantor Pada Peserta Didik Kelas X APK SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi Kabupaten Malang. Skripsi. Jurusan Manajemen. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Agus Hermawan, M.Si, GradDipMgt., M.Bus.

 

Kata Kunci: Aplikasi Pengolahan Data Arsip, Pengetahuan, Keterampilan.

Berdasarkan hasil wawancara dengan Guru Mata Pelajaran Kearsipan diperoleh informasi bahwa kegiatan pembelajaran masih bersifat monoton dan belum memiliki media pembelajaran yang tepat untuk diterapkan kepada peserta didik kelas X APK di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi mengenai materi arsip elektronik. Sehingga kurangnya pengetahuan dan keterampilan peserta didik mengenai arsip elektronik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:

(1) Implementasi media pembelajaran berbasis Aplikasi Pengolahan Data Arsip,

(2) Pengaruh implementasi media pembelajaran berbasis Aplikasi Pengolahan Data Arsip terhadap pengetahuan peserta didik, dan

(3) Pengaruh implementasi media pembelajaran berbasis Aplikasi Pengolahan Data Arsip terhadap keterampilan peserta didik.

Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian adalah seluruh peserta didik kelas X Administrasi Perkantoran di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi. Pengumpulan data melalui:

(1) Wawancara,

(2) Observasi,

(3) Tes Tertulis,

(4) Catatan Lapangan, dan

(5) Dokumentasi.

Analisis data melalui tiga tahapan yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan dan mencakup 4 tahapan utama yaitu:

(1) Perencanaan,

(2) Pelaksanaan,

(3) Pengamatan, dan

(4) Refleksi.

Hasil dari penelitian ini adalah

(1) Implementasi media pembelajaran berbasis Aplikasi Pengolahan Data Arsip dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta didik mengenai materi arsip elektronik

(2) Implementasi media pembelajaran berbasis Aplikasi Pengolahan Data Arsip pada ranah kognitif (pengetahuan) mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II  sebesar 11,85%. Dimana hasil posttest siklus I sebanyak 73,80% dan siklus II sebanyak85,38%.

(3) Sedangkan implementasi media pembelajaran berbasis Aplikasi Pengolahan Data Arsip  pada ranah psikomotorik (keterampilan) dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan dari posttest siklus I ke siklus II sebanyak 10,68%. Dimana hasil posttest siklus I sebesar 75,42%  dan siklus II sebesar 86,10%.

 

Saran dari peneliti bagi guru yaitu agar guru dapat menciptakan inovasi dalam memberikan materi khususnya arsip elektronik, bagi peserta didik agar lebih aktif dalam pembelajaran di kelas, dan bagi peneliti selanjutnya agar dapat memperbaiki kekurangan-kekurangan penelitian ini.