SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Online Berbasis Edmodo Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Korespondensi (Studi Pada Peserta Didik Kelas X Program Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran SMK Negeri 1 Ponorogo)

Mayasari Avinda Setyani

Abstrak


RINGKASAN

Mayasari, A.S. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Online Berbasis Edmodo Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Korespondensi (Studi Pada Peserta Didik Kelas X Program Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran SMK Negeri 1 Ponorogo). Skripsi. Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. H. Mohammad Arief, M.Si.

 

Kata Kunci: media pembelajaran, edmodo, hasil belajar.

Pengembangan media pembelajaran online berbasis Edmodo ini diperuntukkan untuk guru dan peserta didik kelas X program keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran SMK Negeri 1 Ponorogo. Dengan adanya media pembelajaran Edmodo ini diharapkan dapat menjadi sebuah inovasi media pembelajaran yang digunakan untuk kegiatan pembelajaran sehari-hari. Serta dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran korespondensi dengan kompetensi dasar Menganalisis Surat Dinas. Tujuan penelitian dan pengembangan dalam penelitian ini adalah

(1) untuk menghasilkan media pembelajaran online berupa Edmodo pada mata pelajaran korespondensi kompetensi dasar Menganalisis Surat Dinas pada peserta didik kelas X program keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran,

(2) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik kelas X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran SMK Negeri 1 Ponorogo dengan menerapkan media pembelajaran Edmodo.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Model penelitian dan pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah dari Borg & Gall yang telah dimodifikasi oleh peneliti. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan 9 langkah tidak menggunakan langkah seluruhnya, yaitu:

(1) penelitian dan pengumpulan informasi,

(2) perencanaan,

(3) desain produk,

(4) validasi desain,

(5) revisi desain,

(6) uji coba terbatas,

(7) revisi produk,

(8) uji coba pemakaian, dan

(9) produk akhir.

Dari hasil validasi ahli media 1 diperoleh presentase sebesar 97%, ahli media 2 diperoleh presentase sebesar 96%, ahli materi 1 diperoleh presentase sebesar 90%, dan ahli materi 2 diperoleh presentase sebesar 81%, serta uji coba terbatas diperoleh 95%. Jumlah tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran Edmodo dikatakan sangat valid dan layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

Dari hasil posttest peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol dapat diketahui rata-rata nilai posttest kelas eksperimen sebesar 84,83 dengan standar deviasi 5,80 dan rata-rata nilai posttest kelas kontrol sebesar 77,48 dengan standar deviasi 4,37. Hal ini menunjukkan nilai kelas eksperimen kurang homogen. Peneliti menggunakan uji t Independent Sample T-Test melalui aplikasi SPSS 23 dan menghasilkan nilai hasil belajar dengan probabilitas < 0,05 (0,00 < 0,05), maka H0 ditolak yang artinya ada perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.

 

Saran pemanfaatan media pembelajaran online berbasis Edmodo untuk peserta didik adalah peserta didik dapat bertanya kepada guru apabila ada yang belum dimengerti. Saran pemanfaatan media untuk guru adalah guru disarankan untuk menguasai semua menu-menu yang terdapat pada media Edmodo.