SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Strategi Pengambilan Keputusan Investasi Pada Usaha Rumah Makan Soto Banjar Acil Rima.

Muhammad Ilyas

Abstrak


ABSTRAK

 

Ilyas, Muhammad. 2019. Analisis Strategi Pengambilan Keputusan Investasi Pada Usaha Rumah Makan Soto Banjar Acil Rima. Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing Prof. Dr. F. Danardana Murwani, M.M.

 

Kata kunci: Analisis investasi, strategi investasi, risiko, UMKM, Rumah Makan.

 

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis investasi yang dilakukan oleh rumah makan soto Banjar Acil Rima. Adapun fokus penelitian yakni mencakup makna dan arti penting investasi bagi rumah makan soto Banjar Acil Rima, faktor-faktor yang mendorong dalam pengambilan keputusan investasi, pengambilan keputusan investasi dan risiko investasi. Rumah makan soto Banjar Acil Rima merupakan sebuah usaha jenis mikro yang bergerak di bidang kuliner, yakni menyajikan masakan-masakan khas Nusantara, terutama masakan khas Kalimantan. Peneliti tertarik untuk melakukan penelitian pada rumah makan ini dikarenakan rumah makan soto Banjar Acil Rima sendiri mampu bertahan di tengah-tengah persaingan usaha kuliner di kota Malang. Selain itu, terdapat beberapa risiko investasi yang didapatkan oleh pihak Acil Rima, dimana risiko tersebut bukan bersinggungan dengan kerugian finansial, tetapi karena konflik dengan pihak lain.

Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan model Miles and Hubermen. Data diperoleh dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan dalam pengecekan keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi teknik (cara pengecekan keabsahan data dengan menggunakan teknik yang berbeda) dan triangulasi sumber (cara pengecekan keabsahan data dengan membandingkan data yang diperoleh dari narasumber yang berbeda).

Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa rumah makan soto Banjar Acil Rima memaknai investasi yang dilakukan dengan pembukaan unit/cabang rumah makan baru. Pentingnya investasi dilakukan agar mendatangkan keuntungan di masa depan. Adapun sumber pendanaan untuk investasi rumah makan soto Banjar Acil Rima terbagi menjadi dua, yakni internal dan eksternal. Terdapat risiko dalam pengalamannya berinvestasi, yakni konflik dengan pihak eksternal dan risiko pasar.