SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Modul Administrasi Umum Berbasis Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik (Studi Pada Peserta Didik Kelas X Program Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Kabupaten Malang))

Anita Islami Putri

Abstrak


ABSTRAK

 

Putri, Anita Islami. 2019. Pengembangan Modul Administrasi Umum Berbasis Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar (Studi Pada Peserta Didik Kelas X Program Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Kabupaten Malang). Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: H. Imam Bukhori, S.Pd., M.M., M.Pd.

 

Kata Kunci : Modul, Discovery Learning, Hasil Belajar

Diterapkannya Kurikulum 2013 Revisi di SMK menjadikan beberapa perubahan dan penambahan mata pelajaran yang harus ditempuh oleh peserta didik pada setiap Jurusan. Pada saat ini terdapat penambahan mata pelajaran yaitu Administrasi Umum untuk Kelas X Program Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran. Dengan adanya mata pelajaran baru tersebut membuat guru kekurangan sumber bahan ajar yang relevan. Hal tersebut menghambat proses belajar mengajar yang dilakukan di kelas karena tidak adanya bahan ajar berupa modul. Modul merupakan salah satu bentuk bahan ajar cetak maupun tertulis yang disusun secara sistematis, didesain semenarik mungkin untuk menimbulkan jiwa semangat belajar dari masing-masing diri peserta didik dan memudahkan peserta didik belajar secara mandiri tanpa didampingi oleh seorang guru serta mencapai tujuan pembelajaran. Metode Discovery Learning merupakan pembelajaran penemuan untuk mengembangkan cara belajar peserta didik dengan menemukan sendiri, menyelidiki sendiri, maka hasil yang diperoleh akan tahan lama dalam ingatan, tidak akan mudah dilupakan oleh peserta didik.

Penelitian dan pengembangan Modul Aministrasi Umum Berbasis Discovery Learning ini memiliki tujuan sebagai berikut: (1) Menghasilkan bahan ajar berupa Modul Administrasi Umum Berbasis Discovery Learning untuk peserta didik Kelas X Program Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran, (2) Mengetahui kelayakan Modul Administrasi Umum Berbasis Discovery Learning melalui uji validasi, (3) Mengetahui hasil belajar peserta didik dengan menggunakan Modul Administrasi Umum Berbasis Discovery Learning untuk Kelas X Program Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran.

Penelitian dan pengembangan modul ini dilakukan dengan menggunakan metode Research & Development (R&D) oleh Borg and Gall dalam Sugiyono. Prosedur penelitian dan pengembangan dalam penelitian ini memodifikasi metode pengembangan dari Sugiyono menjadi 9 langkah yaitu, (1) Potensi dan Masalah, (2) Pengumpulan Data, (3) Pengembangan Draf Produk Awal, (4) Uji Ahli Materi dan Ahli Modul, (5) Revisi Produk, (6) Uji Kelompok Kecil, (7) Revisi Produk, (8) Uji Kelompok Besar, (9) Revisi Produk/Produk Akhir.

Analisis data dilakukan dengan menggunakan bantuan dari ahli materi dan ahli modul serta respon/tanggapan dari 6 peserta didik. Penilaian kelayakan materi mencakup 3 komponen yaitu kelayakan isi, penyajian, dan kegrafikaan, dari hasil tersebut diperoleh rata-rata sebesar 94% dengan kriteria sangat valid. Penilaian kelayakan modul mencakup 3 komponen yaitu kelayakan bahasa, penyajian, dan kegrafikaan, dari hasil tersebut diperoleh rata-rata sebesar 95% dengan kriteria sangat valid. Hasil analisis respon peserta didik pada uji coba kelompok kecil diperoleh rata-rata sebesar 91,89% dengan kriteria sangat valid. Dari keseluruhan validasi modul yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa Modul Administrasi Umum Berbasis Discovery Learning pada KD 3.8 Memilih Peralatan Kantor Dalam Kegiatan Administrasi sangat layak untuk digunakan sebagai bahan ajar dalam proses pembelajaran pada Kelas X OTKP 2 SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Kabupaten Malang.