SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Instrumen Penilaian Autentik Mata Pelajaran Korespondensi Kompetensi Dasar Menganalisis Surat Dinas dan Membuat Surat Dinas (Studi pada Peserta Didik Kelas X OTKP SMK Negeri 1 Turen)

Krisna Andansari

Abstrak


ABSTRAK

 

Penilaian autentik merupakan penilaian yang digunakan untuk mengukur kemampuan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran melalui kumpulan tugas, hasil karya  maupun performa, yang didokumentasikan dalam satu periode tertentu. Penilaian autentik memungkinkan guru dan peserta didik untuk melakukan evaluasi pada akhir pembelajaran. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi penilaian dari segi psikomotorik masih belum diterapkan secara maksimal dikarenakan indikator-indikatornya masih belum terinci secara detail dan dari pihak guru sendiri dalam melakukan penilaian masih menggunakan pengamatan tidak tersruktur. Guru belum melakukan penilaian secara konsisten mengenai perkembangan psikomotor peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa instrumen penilaian autentik pada aspek kognitif dan psikomotor yang valid dan layak guna.

Penelitian pengembangan ini menggunakan model penelitian Borg & Gall dengan mengadopsi 6 tahapan penelitian yaitu (1) research and information collecting, (2) planning, (3) develop preliminary from product, (4) preminary field testing, (5) main product revision, dan (6) main field testing. Objek penelitian pengembangan yaitu kelas X Otomatisasi dan Tata Kelolal Perkantoran di SMK Negeri 1 Turen. Penilaian ini dikembangkan dengan menggunakan dua macam instrumen tes maupun non tes yang terbagi dalam dua ranah, yaitu; (1) Penilaian kinerja dan produk, yang terdiri dari tugas kinerja, rubrik penilaian kinerja dan rubrik penilaian produk, (2) Penilaian pengetahuan yang terdiri dari soal pilihan ganda dan uraian yang dilengkapi dengan kunci jawaban .

Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut (1) Pengembangan penilaian autentik menghasilkan produk berupa paket instrumen autentik yang digunakan untuk mengukur dan meningkatkan potensi serta kreativitas siswa yang terbagi dalam instrumen penilaian kinerja, intrumen penilaian produk dan instrument tes. (2) Kualitas produk yang dihasilkan; (a) instrumen penilaian autentik dalam pembelajaran korespondensi kelas X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran telah memenuhi kriteria sebagai instrumen yang valid, objektif, sistematis, dan praktis dan (b) instrumen penilaian autentik yang dikembangkan telah memiliki kriteria sebagai sangat valid ditinjau dari aspek tugas, rubrik, dan semua aspek tersebut telah memiliki kriteria yang sangat baik dan dapat digunakan.

Saran peneliti untuk penelitian selanjutnya ialah perlu dilakukan uji keefektifan produk, melakukan tahap implementasi dan disenminasi produk yang telah dikembangakan.