SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Autoplay Media Studio Pada Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik

amalia cipta ningrum

Abstrak


ABSTRAK

 

Ningrum, Amalia Cipta. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Autoplay Media Studio Pada Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik (Studi Pada Peserta Didik Kelas X SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Kabupaten Malang). Skripsi, Jurusan Manajemen, Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing H. Imam Bukhori, S.Pd., MM., M.Pd.

 

Kata Kunci : Media Pembelajaran, Autoplay Media Studio, Teknologi Perkantoran, Hasil Belajar

Media pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini berupa Autoplay Media Studio. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru mata pelajaran Teknologi Perkantoran diperoleh informasi bahwa pembelajaran yang dilakukan masih terbilang monoton, guru hanya menggunakan metode ceramah dan penugasaan, dan peserta didik tidak memiliki sumber belajar untuk menunjang pembelajaran hanya mengakses dari internet tetapi tidak semua materi pembelajaran dapat ditemukan. Selain itu, masih banyak nilai peserta didik yang tidak memnuhi syarat KKM ≥ 70. Dengan dilakukan penelitian ini diharapkan dapat: (1) Menghasilkan produk media pembelajaran menggunakan Autoplay Media Studio, (2) Mengetahui tingkat kelayakan produk media pembelajaran Autoplay Media Studio pada mata pelajaran Teknologi Perkantoran, (3) Mengetahui efektivitas produk media pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X OTKP SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Kabupaten Malang mata pelajaran Teknologi Perkantoran.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Rancangan model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini dari model Borg & Gall terdapat sepuluh langkah penelitian yaitu : (1) Potensi dan masalah, (2) Pengumpulan Data, (3) Desain Produk, (4) Validasi Desain, (5) Revisi Desain, (6) Uji Coba Produk, (7) Revisi Produk, (8) Uji Coba Pemakaian, (9) Revisi Produk, (10) Produksi Massal. Untuk mengetahui kelayakanan media pembelajaran Autoplay Media Studio yang dibuat, sebelumnya peneliti telah melakukan validasi ahli media, ahli materi. Setelah itu dilakukan uji coba produk pada kelompok kecil yang terdiri dari 6 peserta didik.

Hasil dari penelitian dan pengembangan ini yaitu : (1) produk berupa media pembelajaran berbasis Autoplay Media Studio mata pelajaran Teknologi Perkantoran, (2) hasil validasi ahli media menunjukan hasil sebesar 97,64%, ahli materi menunjukan hasil sebesar 98,18% dan uji kelompok kecil menunjukan hasil sebesar 88,69%. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil validasi tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Autoplay Media Studio yang dihasilkan dalam kategori sangat valid atau layak untuk digunakan sebagai sumber belajar,(3) Rata-rata hasil belajar ranah kognitif dan psikomotorik kelas eksperimen lebih unggul dibandingkan dengan kelas kontrol. Hal ini menunjukan bahwa penggunaan media pembelajaran Autoplay Media Studio pada mata pelajaran Teknologi Perkantoran sangat efektif dan dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X OTKP di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Kabupaten Malang.

Saran pemanfaatan media pembelajaran Autoplay Media Studio bagi peserta didik yaitu : (1) Peserta didik disarankan jika masih ada yang belum dipahami lebih baik menanyakan kepada guru mata pelajaran yang bersangkutan. Saran pemanfaatan media pembelajaran Autoplay Media Studio bagi guru yaitu : (1) Guru disarankan agar mempelajari cara penggunaan media pembelajaran terlebih dahulu dengan menggunakan buku panduan. Saran pengembangan produk lebih lanjut pada penelitian dan pengembangan media pembelajaran Autoplay Media Studio adalah menambahkan contoh materi berupa video tutorial yang relevan dengan materi yang diajarkan, dapat dijalankan pada perangkat selain komputer atau laptop tanpa ada kendala.