SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan E-learning Berbasis Moodle sebagai Media Pembelajaran Komunikasi Bisnis di SMK YP 17 Pare pada Siswa Kelas X Bisnis Daring dan Pemasaran

Desy Tri Wahanani

Abstrak


Media pembelajaran memegang peranan yang cukup penting dalam menyalurkan informasi dari guru kepada peserta didik. Pemanfaatan media yang tepat dapat meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap suatu kompetensi tertentu, namun dalam kenyataannya guru masih belum maksimal dalam memanfaatkan media pembelajaran.Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran e-learning berbasis moodlemata pelajaran Komunikasi Bisnis sebagai menunjang kegiatan belajar mandiri siswa, mengetahui kelayakan produk e-learning berbasis moodle untuk pembelajaran komunikasi bisnis, serta mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran e-leraning berbasis moodle.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (R&D). Langkah-langkah penelitian dan pengembangan berpedoman pada model Borg & Gall dengan 10 tahapan. Adapun langkah-langkah tersebut yaitu: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain dilakukan oleh 2 ahli materi dan 1 ahli media, revisi desain, uji produk yang melibatkan 10 siswa, revisi produk tahap I, uji coba pemakaian yang melibatkan 38 siswa, revisi produk tahap II, produk final e-learning berbasis moodle. Pengumpulan data yang digunakan berbentuk angket atau kuisioner serta wawancara.

Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diperoleh hasil validasi ahli materi I dengan rata-rata persentase sebesar 94,73% dan validasi ahli materi II dengan rata-rata persentase sebesar 96,84%yang menyatakan bahwa materi pada e-learning berbasis moodle ini sangat valid dan layak untuk diujicobakan. Sedangkan hasil validasi ahli media mencapai rata-rata 97,64% yang meyatakan bahwa media e-learning berbasis moodle sangat valid dan layak untuk diujicobakan. Hasil angket tanggapan siswa pada tahap uji coba produk kelompok kecil dan uji pemakaian kelompok besar memperoleh rata-rata persentase sebesar 92,00% dan 91,53% yang menyatakan bahwa media e-learning berbasis moodlesangat baik dan siap untuk digunakan sebagai sarana pembelajaran secara online tanpa terbatas ruang dan waktu dan dapat digunakan untuk membantu guru dalam menyampaikan materi pembelajaran menjadi lebih menarik.

Saran pengembangan produk e-learning berbasis moodle lebih lanjut

(1) Penelitian selanjutnya diharapkan dapat merancang media pembelajaran dengan konten warna, gambar, animasi, serta tema yang lebih baik lagi sehingga media e-learning berbasis moodle dapat menjadi media pembelajaran yang lebih menarik,

(2) Penelitian selanjutnya diharapkan dapat merancang media pembelajaran dengan menambah Kompetensi Dasar dan atau menambah mata pelajaran lainnya,

(3) Komponen pendukung materi pembelajaran seperti gambar, video dapat ditambah yang lebih menarik lagi agar membangun motivasi siswa lebih lanjut,

 

(4) Media e-learning berbasis moodle akan terus dirilis bersama dengan penyempurnaan fitur-fitur baru, sehingga peneliti selanjutnya diharapkan secara berkala untuk dapat melakukan update basisdata (database) untuk memperbarui versi moodle pada media website yang dikembangkan.