SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INNTERAKTIF BERBASIS ADOBE FLASHCS 3 UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMKN 2 BUDURAN SIDOARJO

Nisa' Andisah Choirotun

Abstrak


ABSTRAK

Nisa’, Andisah Choirotun. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash CS 3 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMKN 2 Buduran Sidoarjo. Skripsi. Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. H. Suharto, S.M., M.M., M.Pd.

 

Kata Kunci: media pembelajaran, Adobe Flash, administrasi umum, hasil belajar

Pendidikan merupakan salah satu aspek terpenting dalam pembentukan kualitas sumber daya manusia. Untuk menciptakan sumber daya yang berkualitas dibutuhkan pendidikan yang bermutu. Seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi menuntut adanya perkembangan dalam dunia pendidikan. Salah satunya adalah dengan bergesernya paradigma pendidikan yang dahulu bersifat konvensional menjadi pendidikan berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Adobe Flash CS 3 merupakan salah satu aplikasi yang dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran berbasis TIK, yang mampu memuat teori, gambar, animasi, audio serta video sehingga mampu membangkitkan minat siswa serta dapat menghemat waktu dan biaya dalam kegiatan penyampaian materi pembelajaran. Khususnya pada mata pelajaran Administrasi Umum yang didalamnya terdapat banyak materi dengan waktu pembelajaran yang terbatas. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran yang layak pada mata pelajaran Administrasi Umum di SMKN 2 Buduran Sidoarjo. Penelitian dan Pengembangan ini menggunakan model penelitian dan pengembangan yang dikembangkan oleh Sugiono yang telah dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan peneliti yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian dan produksi akhir.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa:

(1) hasil validasi yang diperoleh dari ahli materi 96,92%, ahli media 80%, uji coba kelompok kecil sebesar 94,375%, sehingga apabila hasil tersebut dihitung secara keseluruhan dapat diperoleh ratarata sebesar 90,43%.

(2) terdapat peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa sebelum pemakaian dan sesudah pemakaian media sebesar 56,1% menjadi 89%. Serta ada perbedaan rata-rata hasil belajar pada siswa yang menggunakan media dengan siswa yang tidak menggunakan media, nilai pre test pada kelas kontrol sebesar 58,1% menjadi 80,33% pada nilai post test nya. Hasil tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan layak dan efektif untuk digunakan dalam kegiatan belajar mengajar. Saran kepada guru dan siswa sebelum menggunakan media ini adalah, supaya menyiapkan media berupa laptop dan LCD agar media pembelajaran ini dapat digunakan dengan baik.

 

ABSTRACT

Nisa’, Andisah Choirotun. 2018. Development of Adobe Flash-based Interactive Learning Media on General Administration Subject to Improve Student Learning Outcomes (A Study on the Students Grade X-MP 2, State Vocational High School 2 Buduran Sidoarjo). Sarjana’sThesis.Department of Management. Faculty of Economics, State University of Malang. Advisor: Dr. H. Suharto, S.M., M.M., M.Pd.

 

Keywords: Learning media, Adobe Flash, general administration, learning outcomes

Education is one of the most important aspects in the formation of human resource quality. To produce qualified resources, high-quality education is very required. As science and technology continue to develop, there is a demand in the education sector, one of which is the shifted paradigm of conventional education to be information and communication technology-based education. Adobe Flash CS 3 is one application that can be applied in ICT-based learning activities, which is able to load theories, images, animations, audios and videos so as to generate student interest as well as save time and cost in the delivery activities of learning materials, particularly in the subject of General Administration consisting of many materials with a limited learning time. This research and development aimed to produce a decent learning media for the subject of General Administration in State Vocational High School 2 Buduran Sidoarjo. This research and development used the research and development model presented by Sugiono that was then modified accordingly with the researcher’s needs, covering the potential and problem, data collection, product design, design validation, design revision, product trial, product revision, usage trial, and final production.

The results of this research showed that:

(1) the validation results obtained from the material experts, the media experts, and the small group trials were respectively 96.92%, 80%, and 94.375%, so the average percentage of all the validation results reached 90.43%;

 

(2) the average score of students’ learning outcomes increased from 56.1% before the learning media application to be 89% after the learning media application. In addition, there was also a difference of mean between the students' learning outcomes using the media and those without using the media, in which the pre-test score of 58.1% in the control class increased to be 80.33% at its post-test score. These results indicate that the developed learning media is feasible and effective to use in teaching and learning activities. Before using this learning media, teachers and students are suggested to prepare some devices such as laptop and LCD so that this learning media can be used properly.