SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash CS3 pada Mata Pelajaran Administrasi Umum untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Mutoharoh Ana

Abstrak


ABSTRAK

Mutoharoh, Ana. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash CS3 pada Mata Pelajaran Administrasi Umum Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Skripsi. Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. H. Suharto S.M., M.M., M.Pd.

 

Kata Kunci: media pembelajaran, Adobe Flash, administrasi umum, hasil belajar

Pendidikan merupakan suatu hal yang sangat penting untuk menciptakan perkembangan dan kemajuan negara. Pemanfaatan teknologi dalam pendidikan membantu guru dalam proses mengajar di kelas. Penggunaan media pembelajaran sangat penting sebagai salah satu sarana yang dapat dimanfaatkan guru untuk mencapai tujuan pembelajaran. Salah satu software yang mampu menghasilkan media pembelajaran yang menarik adalah Adobe Flash CS3 dimana software ini bisa menggabungkan komponen-komponen antara teks, gambar, animasi, dan video menjadi media pembelajaran yang kreatif dan inovatif.

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran menggunakan Adobe Flash yang layak pada mata pelajaran Administrasi Umum di SMK Negeri 1 Pasuruan serta untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Media pembelajaran Adobe Flash CS3 merupakan bentuk media yang dapat menarik perhatian siswa karena dilengkapi animasi-animasi sehingga meningkatkan antusiasme belaajar peserta didik dalam mengikuti pembelajaran. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model penelitian dan pengembangan yang dikembangkan oleh Borg & Gall yang telah dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan peneliti yaitu

(1) potensi dan masalah,

(2) pengumpulan data,

(3) desain produk,

(4) validasi desain,

(5) revisi desain,

(6) uji coba produk,

(7) revisi produk,

(8) uji coba pemakaian, dan

(9) produksi akhir.

Peningkatan hasil belajar diperoleh dari hasil penelitian selama proses pembelajaran di kelas, baik pre test dan post test.

Validasi media dilakukan oleh ahli materi, ahli media serta kelompok kecil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil validasi yang diperoleh dari ahli materi 90%, hasil dari ahli media sebesar 100 %, dan hasil uji coba kelompok kecil sebesar 89.77 % sehingga apabila hasil tersebut dihitung secara keseluruhan validasi dapat diperoleh rata-rata sebesar 93.25 %. Terdapat peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran yaitu dari 63.13 % menjadi 89.27 %. Hasil tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan sangat layak dan efektif untuk digunakan dalam kegiatan belajar mengajar.

Saran kepada guru sebelum menggunakan media ini adalah supaya menyiapkan media berupa laptop dan LCD agar media pembelajaran ini dapat digunakan dengan baik serta guru harus terampil dalam menggunakan media sehingga proses belajar di kelas tidak terhambat. Saran untuk siswa adalah sebaiknya didampingi sumber belajar yang lain sehingga pemahaman materi bisa lebih luas dan mendalam.

 

ABSTRACT

Mutoharoh, Ana. 2018. Development of Adobe Flash-based Learning Media to Improve Student Learning Outcomes at State Vocational High School 1 Pasuruan. Sarjana’s Thesis. Study Program of Office Administration Education. Faculty of Economics, Universitas Negeri Malang. Advisor: Dr. H. Suharto S.M., M.M., M.Pd.1`aX

 

Keyword: Learning media, Adobe Flash, general administration, learning outcomes

Education is important thing to invent the development and improvement of country. The use technology in education supports teacher in theacing learning process in the classroom. Using learning media is very important as an instrument that can be used by teacher to achieve learning goals. Adobe Flash CS3 is one of softwares which is able to produce an interesting learning media which the software can ombine various components such as text, imae, animation, and video into creative and innovative learning media

research development aims to produce learning media using Adobe Flash that is achievable on General Administration lesson at SMK Negeri 1 Pasuruan as well as to improve student learning outcomes. Adobe Flash CS3 learning media is a form of media that can appeal students' attention because it was prepared with animations so as to increase students' enthusiasm in participating in learning. This research development uses a research and development model developed by Borg & Gall that has been modified in accordance with the needs of researchers, namely

(1) potential and problems,

(2) data collection,

(3) product design,

(4) design validation,

(5) design revision,

(6) product experiment,

(7) product revision,

(8) usage of experimental, and

(9) final production.

Improved learning outcomes obtained from the results of research during the learning process in the classroom both pre-test and post-test.

Media validation was carried out by material experts, media experts, and small groups. The results showed that the results of the validation obtained from material experts were 90%, the results of media experts were 100%, and the results of small group experiments were 89.77%. Thus, if the results were calculated overall the validation could be obtained by an average of 93.25%. There is an increase in the average value of student learning outcomes before and after using learning media, namely from 63.13% to 89.27%. These results indicated that the learning media which developed are very reasonable and effective to be used in teaching learning activities.

 

The suggestion to teachers before using this media is preparing media such as laptop and LCD so that the learning media can be used properly and teachers must be ability in using media till the learning process in the classroom is not obstructed. For the students, should be accompanied by other learning resources so that understanding the material can be larger and deeper.