SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Moodle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Komunikasi Bisnis (Studi Pada Siswa Kelas X Bisnis Daring dan Pemasaran Di SMK Negeri 1 Turen Kabupaten Malang).

Setyaningtyas Anggun

Abstrak


RINGKASAN

Setyaningtyas, A. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Moodle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Komunikasi Bisnis (Studi Pada Siswa Kelas X Bisnis Daring dan Pemasaran Di SMK Negeri 1 Turen Kabupaten Malang). Skripsi, Program Studi Pendidikan Tata Niaga, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. H. Gatot Isnani, M.Si.

 

Kata Kunci: media pembelajaran, e-learning, moodle, hasil belajar

Media pembelajaran memiliki peran penting dalam kegiatan pembelajaran. Namun kenyataannya belum semua guru menggunakan media pembelajaran dalam kegiatan mereka mengajar, sehingga hasil belajar siswa kurang maksimal. Tujuan penelitian ini yaitu

(1) Untuk mengembangkan media pembelajaran yang menarik dan inovatif yaitu E-Learning berbasis Moodle pada mata pelajaran Komunikasi Bisnis sebagai penunjang belajar mandiri siswa; dan

(2) Untuk menguji kelayakan dan efektifitas produk E-Learning berbasis Moodle sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Bisnis Daring dan Pemasaran di SMK Negeri 1 Turen Kabupaten Malang.

Jenis penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model penelitian dan pengembangan Gall, at all., (2003) yang mengakomodasi dari model penelitian dan pengembangan Dick & Carey kemudian dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan. Dalam penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu

(1) Kelas kontrol (kegiatan pembelajaran melalui penyampaian materi dari presentasi guru); dan

(2) Kelas eksperimen (kegiatan pembelajaran menggunakan media E-Learning berbasis Moodle). Penelitian ini menggunakan subjek sebanyak 60 siswa kelas X Bisnis Daring dan Pemasaran (kelas kontrol 30 siswa dan kelas eksperimen 30 siswa).

Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil pengisian angket validasi ahli, angket respon pengguna (siswa) terhadap media E-Learning berbasis Moodle, serta nilai posttest siswa kelas kontrol dan siswa kelas eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data kualitatif, teknik analisis data kuantitatif dan teknik analisis data statistik inferensial.

Berdasarkan hasil validasi dua ahli media memperoleh rata-rata sebesar 93,16% yang menyatakan bahwa media sangat valid dan layak diujicobakan. Sedangkan hasil validasi dua ahli materi memperoleh rata-rata sebesar 84,38% yang menyatakan bahwa materi sangat valid dan layak diujicobakan. Hasil angket respon pengguna (siswa) pada tahap uji coba skala terbatas dan skala besar memperoleh rata-rata persentase sebesar 95,51% (uji coba skala terbatas) dan 81,12% (uji coba skala besar) yang menyatakan bahwa media sangat valid dan layak digunakan.

Hasil posttest pada kelas kontrol dan kelas eksperimen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa diperoleh rata-rata 79,00 dengan standar deviasi 4,43 untuk kelas kontrol dan 88,40 dengan standar deviasi 7,11 untuk kelas eksperimen. Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar, peneliti menggunakan uji t Independent Sample melalui aplikasi SPSS 23 for windows dan menghasilkan nilai untuk hasil belajar sebesar Pr < 0,05 (0,00 < 0,05), maka H_0 ditolak artinya terdapat perbedaan yang signifikan rata-rata hasil belajar kelas kontrol dan kelas eksperimen.

Saran pengembangan lebih lanjut dalam penelitian dan pengembangan ini yaitu

(1) Media lebih sering diupdate ke versi lebih baru agar fitur-fitur yang terdapat pada media lebih sempurna digunakan dalam kegiatan pembelajaran,

(2) Pengembangan media pembelajaran akan lebih baik jika diterapkan pada berbagai mata pelajaran yang ada, dan

 

(3) Media pembelajaran yang dikembangkan diharapkan tidak hanya diakses secara online tetapi juga secara offline.