SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Kinerja Keuangan Sebelum dan Sesudah Seasoned Equity Offerings (SEO) dengan Warrant Sebagai Unit Analisis (Studi pada perusahaan yang terdaftar di BEI periode 2006-2015)

Sari Dewi Permata

Abstrak


ABSTRAK

Sari, DewiPermata. 2019. Analisis Kinerja Keuangan Sebelum dan Sesudah Seasoned Equiy Offerings(SEO) dengan Warrant Sebagai Unit Analisis (Studi pada perusahaan yang terdaftar di BEI periode 2006-2015). Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Yuli Soesetio, S.E., M.M.

 

Kata Kunci: Seasoned Equity Offerings,Right issue, Warrant, ROA, CR, DER, TAT, dan PBV.

Seasoned Equity Offerings (SEO) merupakan penerbitan saham tambahan setelah IPO. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja keuangan perusahaan sebelum dan sesudah right issue. Dengan jumlah 37 perusahaan yang menyertakan waran dan 80 perusahaan tanpa menyertakan waran yang akan diteliti. Teknis analisis data yang digunakan adalah uji beda Wilcoxon signed ranked test.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa:

1) Kondisi kinerja keuangansebelum dengan sesudah right issueROAdan PBVmenunjukkan hasil meningkat sedangkan CR, DER, dan TATmenunjukkan hasil menurun pada perusahaan menyertakan waran.

2) Kondisi kinerja keuangan ROA, DER, dan TAT mengalami penurunan sedangkan CR dan PBV mengalami peningkatan pada perusahaan yang tanpa menyertakan waran.

3) Kondisi kinerja keuangan sesudah right issue pada rasio ROA, CR, TAT, dan PBV menunjukkan hasil lebih baik pada perusahaan tanpa menyertakan waran sedangkan rasio DER lebih baik pada perusahaan yang menyertakan waran.

4) Terdapat perbedaan pada rasio CR, DER, TAT, dan PBV pada perusahaan yang menyertakan waran sebelum dan sesudah right issue.

5) Terdapat perbedaan pada rasio CR, DER, TAT, dan PBV pada perusahaan yang tanpa menyertakan waran sebelum dan sesudah right issue.

 

6) Terdapat perbedaanROA, CR, TAT, dan PBV sesudah right issue pada perusahaan yang menyertakan waran dan tanpa menyertakan waran. Saran untuk peneliti selanjutnya lebih fokus pada, seberapa kali perusahaan melakukan right issue sejak right issue yang pertama kali dilakukan agar dapat memperoleh hasil yang lebih akurat mengenai tujuan right issue yang sebenarnya