SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis E-Learning Dengan Menggunakan Media Edmodo Pada Matakuliah Perencanaan Pengajaran Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang

Hermawan Bonny Novian Ardi

Abstrak


ABSTRAK

Hermawan, Bonny Novian Ardi. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis E-Learning Dengan Menggunakan Media Edmodo Pada Matakuliah Perencanaan Pengajaran Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. H. Agung Winarno, M.M.

 

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Perencanaan Pengajaran, Edmodo

Berdasarkan hasil wawancana dengan dosen Perencanaan Pengajaran bahwa semua materi tersebut disampaikan melalui ceramah. Mahasiswa Administrasi Perkantoran Universitas Negeri Malang kesulitan untuk memahami materi yang diajarkan, banyak mahasiswa yang cepat bosan dan minat terhadap proses perkuliahan berkurang, yang akan berpengaruh pada hasil belajar yang rendah. Oleh karena itu dibutuhkan media pembelajaran baru yang menarik, salah satunya adalah media pembelajaran menggunakan media Edmodo.

Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan suatu produk dan mengetahui kelayakan produk yang berupa media pembelajaran menggunakan Edmodo.

 

Data hasil validasi ahli media menyatakan bahwa produk tersebut adalah termasuk kriteria valid dengan presentase 88,9%, sedangkan data hasil validasi ahli materi menyatakan bahwa produk tersebut juga termasuk kriteria valid dengan presentase 94,4%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa produk berupa media pembelajaran ini telah memenuhi kaidah penelitian dan pengembangan serta efektif dipakai dalam proses pembelajaran bagi mahasiswa Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang.