SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Satisfaction Terhadap Brand Loyalty Melalui Brand Trust, Brand Love dan Brand Strength Pada Produk Smartphone (Studi Pada Mahasiswa Universitas Negeri di Kota Malang).

Zein Dhani Mifthakhul

Abstrak


ABSTRAK

Zein, Dhani Mifthakhul. 2019. Pengaruh Satisfaction Terhadap Brand Loyalty Melalui Brand Trust, Brand Love dan Brand Strength Pada Produk Smartphone (Studi Pada Mahasiswa Universitas Negeri di Kota Malang). Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing Handri Dian Wahyudi S.E., M.Sc.

 

Kata Kunci: Satisfaction, Brand Loyalty, Brand Trust, Brand Love, Brand Strength

Loyalitas merupakan salah satu tujuan yang harus dicapai oleh semua perusahaan. Dalam menciptakan loyalitas dipengaruhi oleh berbagai factor penting seperti kepuasan, kepercayaan, kecintaan dan keterikatan terhadap merek produk. Ketika faktor-faktor tersebut sudah terpenuhi maka akan membuat konsumen merasa loyal terhadap merek.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui deskripsi keadaan satisfaction, brand loyalty, brand trust, brand love dan brand strength dari produk smartphone pada mahasiswa universitas negeri di Kota Malang. Selanjutnya untuk mengetahui pengaruh antar variable bebas terhadap variabel intervening dan variabel intervening terhadap variable terikat.

Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa universitas negeri di Kota Malang dengan jumlah sampel 320 responden. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling dan menggunakan metode pengumpulan data dengan kuesioner. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah Structural Equation Modeling (SEM).

Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa:

(1) Mahasiswa universitas negeri di Kota Malang merasa puas, percaya, cinta,memiliki keterikatan yang kuat dan cukup loyal terhadap merek smartphone yang di beli

(2) satisfaction berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand trust,

(3) satisfaction  berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand love,

(4) satisfaction berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand strength,

(5) brand trust tidak berpengaruh terhadap brand loyalty,

(6) brand love berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand loyalty,

(7) brand strength berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand loyalty pada merek smartphone yang di beli.

 

Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada perusahaan smartphone untuk terus memperhatikan reputasi dan kualitas merek mereka sehingga membuat konsumen merasa puas, percaya, cinta dan memiliki keterikatan yang kuat terhadap merek produk sehingga dapat menciptakan loyalitas terhadap merek produk. Saran bagi peneliti selanjutnya yaitu untuk mencoba membandingkan dan melakukan inovasi terhadap penelitian ini dari penambahan dan penggantian dengan indicator hingga variable lainya.