SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Hasil Penilaian Praktik Kerja Industri (Prakerin) dan Self Efficacy Terhadap Kesiapan Memasuki Dunia Kerja (Studi Pada Peserta Didik Kelas XII Administrasi Perkantoran di SMKN 1 Boyolangu Kabupaten Tulungagung)

Rachmawati Dyah Ayu

Abstrak


ABSTRAK

Rachmawati, D. A. 2019. Pengaruh Hasil Penilaian Praktik Kerja Industri (Prakerin) dan Self Efficacy terhadap Kesiapan Memasuki Dunia Kerja (Studi Pada Peserta Didik Kelas XII Administrasi Perkantoran di SMKN 1 Boyolangu Kabupaten Tulungagung). Skripsi, Jurusan Manajemen, Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Hj. Madziatul Churiyah, S.Pd., M.M.

 

Kata Kunci: hasil penilaian prakerin, self efficacy, kesiapan memasuki dunia kerja

Sekolah Menengah Kejuruan adalah lembaga pendidikan formal menengah yang menyiapkan lulusannya menjadi tenaga kerja profesional dengan dibekali kemampuan yang terampil, produktif, kreatif dan dapat dikembangkan dalam DU/DI sesuai dengan bidangnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:

(1) deskripsi hasil penilaian praktik kerja industri, self efficacy, dan kesiapan memasuki dunia kerja,

(2) pengaruh hasil penilaian praktik kerja industri terhadap kesiapan memasuki dunia kerja,

(3) pengaruh self efficacy terhadap kesiapan memasuki dunia kerja,

(4) pengaruh hasil penilaian praktik kerja industri dan self efficacy secara simultan terhadap kesiapan memasuki dunia kerja.

Populasi dalam penelitian ini berjumlah 196 peserta didik kelas XII Administrasi Perkantoran dan sampel berjumlah 132. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Uji kelayakan instrumen yang digunakan adalah uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Sebelum melakukan analisis regresi linier berganda terdapat 3 uji asumsi klasik yang digunakan, yaitu uji normalitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas. Hasil analisis data pada penelitian ini menunjukkan bahwa:

(1) hasil penilaian praktik kerja industri, self efficacy dan kesiapan memasuki dunia kerja peserta didik kelas XII Administrasi Perkantoran SMKN 1 Boyolangu termasuk dalam kategori tinggi yang berarti baik,

(2) terdapat pengaruh positif dan signifikan hasil penilaian praktik kerja industri terhadap kesiapan memasuki dunia kerja,

(3) terdapat pengaruh positif dan signifikan self efficacy terhadap kesiapan memasuki dunia kerja,

(4) terdapat pengaruh positif dan signifikan secara simultan hasil penilaian praktik kerja industri dan self efficacy terhadap kesiapan memasuki dunia kerja.

Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan:

(1) bagi kepala sekolah diharapkan dapat memperbaiki kualitas pembelajaran dan tetap menjalin hubungan yang baik dengan DU/DI,

(2) bagi DU/DI standarisasi penilaian sangat diperlukan dengan kriteria dan aspek penilaian yang objektif dan relevan,

(3) bagi guru diharapkan mampu meningkatkan kualitas mengajar dan menyesuaikan gaya mengajar yang mudah diterima oleh peserta didik,

(4) bagi peserta didik diharapkan lebih bersungguh-sungguh dalam menerapkan ilmu yang didapat dari sekolah maupun tempat prakerin,

(5) Bagi peneliti selanjutnya hendaknya mampu melakukan sebuah penelitian tentang variabel lain.