SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran e-Learning Berbasis Schoology pada Mata Pelajaran Marketing dalam Rangka Era Revolusi Industri 4.0 ( Studi Pada Kelas X Bisnis Daring dan Pemasaran SMKN 2 Blitar)

Setiawan Hani

Abstrak


ABSTRAK

Setiawan, Hani. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran e-Learning Berbasis Schoology pada Mata Pelajaran Marketing Dalam Rangka Era Revolusi Industri 4.0 (Studi Pada Kelas X Bisnis Daring dan Pemasaran SMKN 2 Blitar). Skripsi, Program Studi Pendidikan Tata Niaga, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: Drs. H. Mohammad Hari, M.Si

 

Kata Kunci: Media Pembelajaran, e-learning, Pemasaran, Schoology, Revolusi Industri 4.0

Media pembelajaran e-learning merupakan media berbasis teknologi yang dimanfaatkan pada era revolusi industri 4.0. Namun faktanya ketersediaan sumber belajar, media pembelajaran dan pemanfaatan jaringan wifi sekolahpadamata pelajaran Marketing kelas X Bisnis Daring dan Pemasaran SMKN 2 Blitar masih belum optimal.

Penelitian dan pengembangan media pembelajaran e-learning ini memiliki tujuan untuk

(1) menghasilkan dan menguji kelayakan media pembelajaran e-learning berbasis Schoology pada mata pelajaran Marketing kelas X Bisnis Daring dan Pemasaran

(2) menghasilkan buku panduan sebagai upaya menunjang pemanfaatan media pembelajaran yang dikembangkan.

Penelitian dan pengembangan media pembelajaran berbasis Schoology ini menggunakan model pengembangan dari Borg & Gall yang telah dimodifikasi menjadi 9 langkah yaitu:

1) Penelitian dan pengumpulan informasi,

2) Perencanaan,

3) Pengembangan produk,

4) Validasi ahli,

5) Revisi produk I,

6) Uji coba produk,

7) Revisi produk II,

8) Uji coba lapangan,

9) Produk akhir.

Berdasarkan hasil persentase kelayakan dari ahli materi 90 %, ahli media 92,5%, serta subjek uji coba 88,8% maka media yang dikembangkan layak digunakan untuk mendukung pembelajaran Marketing kelas X Bisnis Daring dan Pemasaran SMKN 2 Blitar.Kelebihan media yang dikembangkan terdapat e-modul berbasis Flipbook untuk memudahkan siswa belajar secara mandiri sedangkan kekurangannya tampilan media secara umum bersifat standar sehingga bersifat kurang menarik.

 

Optimalisasi jaringan internet perlu diperhatikan dalam memanfaatkan media ini. Saran diseminasi dapat dilakukan melalui MGMP agar manfaatnya dapat digunakan secara lebih luas dalam rangka menghadapi era revolusi industri 4.0