SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PengaruhDebt to Equity Ratio (DER), Debt to Asset Ratio (DAR) danReturn on Equity (ROE) TerhadapHargaSahampada Perusahaan Property danReal Estate di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2011-2015

Dyang Cahayaning Budhy

Abstrak


Perusahaan membutuhkan modal yang tidak sedikit untuk mengembangkan usahanya. Kebutuhan tambahan modal tersebut dapat diperoleh dengan hutang atau menambah jumlah kepemilikan saham dengan penerbitan saham baru. Saham merupakan bukti kepemilikan suatu perusahaan. Harga yang tertera pada saham akan menjadi salah satu indikator yang menunjukkan keberhasilan perusahaan dalam mengelola usahanya.Komposisi permodalan suatu perusahaan dapat dilihat dalam annual report yang diterbitkan setiap tahunnya. Variabel-variabel yang dapat digunakan oleh perusahaan dalam mengelola atau memantau permodalannya adalah dengan menganalisis variabel Debt to Equity Ratio (DER), Debt to Asset Ratio (DAR)dan Return on Equity (ROE). Dimana tinggi rendahnya ketiga variabel tersebut memiliki pengaruh terhadap harga saham suatu perusahaan.

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah terdapat pengaruh antara DER dan DAR terhadap harga saham melalui ROE. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan data sekunder. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 53 Perusahaan Property dan Real Estate yang terdaftar di BEI. Pemilihan sampel menggunakan purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 22 perusahaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa:

1) DER tidak  berpengaruh signifikan terhadap ROE.

2) DER tidak berpengaruh signifikan terhadap harga saham.

3) DAR tidak berpengaruhsignifikanterhadap ROE.

4) DAR tidak  berpengaruh signifikan terhadap harga saham.

5) ROE berpengaruh positif signifikan terhadap harga saham Perusahaan Property dan Real Estate periode 2011-2015.

 

Penelitian mengenai pengaruh DER, DAR, dan ROE terhadap harga saham ini diharapkan mampu membantu perusahaan untuk mengetahui apa saja yang wajib diperhatikan oleh perusahaan agar dapat meningkatkan harga saham dan mampu menarik perhatian para investor dan selain itu diharapkan penelitian ini dapat menjadi referensi bagi penelitian-penelitian selanjutnya.