SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Discount Price, Bonus Pack, dan Store Atmosphere terhadap Impulse Buying. (Studi Pada Konsumen Hypermart Cabang Malang Town Square)

Nikmatul Azizah

Abstrak


ABSTRAK

 

Azizah, Nikmatul. 2019. Pengaruh Discount Price, Bonus Pack, dan Store Atmosphere terhadap Impulse Buying. (Studi Pada Konsumen Hypermart Cabang Malang Town Square). Jurusan Manajemen. Program Studi S1 Manajemen. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Aniek Indrawati, S.Si., M.M.

 

Kata Kunci: Discount Price, Bonus Pack, Store Atmosphere, Impulse Buying

Munculnya pengusaha-pengusaha ritel seperti Hypermarket, Supermarket, dan Mini market telah menjadi ketertarikan sendiri bagi konsumen untuk belanja. Pelaku bisnis dapat membagikan informasi dan promosi mengenai produk mereka secara menarik sehingga akan terbentuk impulse buying dari konsumen yang melihatnya. Impulse buying merupakan suatu respons atau proses merasa atau membeli sesuatu secara tidak terencana. Impulse buying konsumen juga dapat terbentuk dari discount price, bonus pack produk yang ditawarkan dan store atmosphere yang difasilitaskan pelaku bisnis ritel dalam penelitian ini adalah Konsumen Hypermart Cabang Malang Town Square.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Deskripsi variabel Discount Price, Bonus Pack, Store Atmosphere dan Impulse Buying, (2) Pengaruh Discount Price terhadap Impulse Buying, (3) Pengaruh Bonus Pack terhadap Impulse Buying, (4) Pengaruh Store Atmosphere terhadap Impulse Buying.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis riset deskriptif dan eksplanatory. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner tertutup yang diproses menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Populasi dalam penelitian ini adalah Konsumen Hypermart Cabang Malang Town Square, sehingga termasuk dalam populasi tak terhingga (infinite population). Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling, teknik non probability sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Perhitungan sampel menggunakan rumus Daniel Terrel dengan hasil sampel Seluruh konsumen Hypermart yang melakukan impulse buying 138 responden kemudian ditingkatkan menjadi 152 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah Regresi Linier Berganda, dan uji hipotesis yang digunakan adalah uji t.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi responden terhadap empat variabel penelitian sudah baik. Hal ini ditunjukkan oleh nilai Grand Mean masing-masing variabel sebesar 3,81 untuk Discount Price, 3,93 untuk variabel Bonus Pack, 4,03 untuk variabel Store Atmosphere dan 3,84 untuk variabel Impulse Buying. Hasil analisis data menunjukkan variabel Discount Price, Bonus Pack, dan Store Atmosphere berpengaruh secara signifikan terhadap Impulse Buying.

Hypermart perlu memberikan informasi lebih jelas apabila terdapat perubahan informasi tentang produk discount dan bonus seperti harga lebih murah dengan merek yang sama pembelian bisa lebih banyak.