SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Instrumen Penilaian Autentik Berbasis Kinerja Pada Mata Kuliah Manajemen Kearsipan (Studi pada Mahasiswa Penempuh Mata Kuliah Manajemen Kearsipan Pendidikan Administrasi Perkantoran Jurusan Manajemen di Universitas Negeri Malang)

Risma Agustina

Abstrak


ABSTRAK

 

Agustina, Risma. 2019. Pengembangan Instrumen Penilaian Autentik Berbasis Kinerja pada Mata Kuliah Manajemen Kearsipan (Studi pada Mahasiswa Penempuh Mata Kuliah Manajemen Kearsipan Pendidikan Administrasi Perkantoran Jurusan Manajemen di Universitas Negeri Malang). Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Madziatul Churiyah, S.Pd., M.M.

 

Kata Kunci: penilaian autentik, berbasis kinerja, manajemen kearsipan

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi serta Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi menyatakan bahwa terdapat standar pendidikan yang di dalamnya memuat standar penilaian. Kurikulum pendidikan ditetapkan oleh masing-masing program studi dengan standar capaian yang lentur dan akomodatif yang harus disesuaikan dengan kompetensi anak abad ke 21. Salah satu prinsip penilaian adalah autentik. Dosen Pendidikan Administrasi Perkantoran menyatakan bahwa belum ada kriteria yang disusun secara khusus untuk menilai kinerja mahasiswa dalam mata kuliah Manajemen Kearsipan secara autentik. Tujuan penelitian pengembangan untuk menghasilkan instrumen penilaian autentik berbasis kinerja pada mata kuliah Manajemen Kearsipan yang layak melalui validasi ahli dan uji coba produk.

Metode penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah Research and Development oleh Sugiyono yang telah dimodifikasi menjadi 7 langkah, yang meliputi (1) potensi dan masalah, (2) pegumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, dan (7) revisi produk. Produk diujicobakan kepada dosen pengampu mata kuliah Manajemen Kearsipan dan Lembar Kerja Mahasiswa diujicobakan kepada 1 offering mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran tahun angkatan 2017 yang mengambil mata kuliah Manajemen Kearsipan. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket wawancara, angket validasi konstruk dan isi, serta angket uji coba dosen dan mahasiswa. Data yang diperoleh adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, dan penyebaran angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah rerata dan dikategorikan menggunakan jenjang kevalidan.

Produk hasil penelitian dan pengembangan berupa instrumen penilaian autentik berbasis kinerja pada mata kuliah Manajemen Kearsipan yang terdiri dari petunjuk penggunaan, petunjuk penilaian psikomotorik, kisi-kisi instrumen penilaian psikomotorik, lembar kerja mahasiswa (LKM), lembar observasi, dan pedoman kriteria penyekoran. Petunjuk penggunaan berisi pembagian instrumen mahasiswa dan dosen. Petunjuk penilaian psikomotorik berisi akumulasi skor dari berbagai aspek. Kisi-kisi instrumen digunakan sebagai pedoman pembuatan lembar observasi untuk menilai dan pedoman kriteria penyekoran. Pedoman kriteria penyekoran berisi kriteria tingkatan skor hasil kinerja mahasiswa. Instrumen dapat membantu dosen dalam melakukan penilaian secara autentik, menambah kemandirian, dan menciptakan ketuntasan belajar. Hasil validasi konstruk dan isi menunjukkan bahwa instrumen penilaian memiliki konstruksi dan isi dengan kriteria sangat layak. Hasil uji coba terbatas pada dosen menunjukkan bahwa instrumen dapat digunakan dengan sangat mudah dan mahasiswa sebagai pengguna LKM menyatakan dapat membaca instrumen dengan kriteria sangat mudah.

Saran pemanfaatan produk ini agar observer diberikan pengarahan sebelum melakukan penilaian, LKM diberikan sebelum kegiatan pembelajaran, dan penyederhanaan pada aspek yang dinilai. Saran diseminasi agar produk dijurnalkan dan digunakan di lingkup Universitas Negeri Malang program studi Pendidikan Administrasi Perkantoran. Saran produk lebih lanjut agar kegiatan uji coba dilakukan dengan lebih banyak audien, sistematika penulisan yang lebih menarik, pengembangan instrumen pada mata kuliah Manajemen Kearsipan II, dan peningkatan efektifitas dan efisiensi produk.

 

SUMMARY

 

Agustina, Risma. 2019. Development of Performance-Based Authentic Assessment Instruments in Archival Management Courses (Study of Students Taking Archival Management Courses in Office Administration Education, Department of Management, at Universitas Negeri Malang). Sarjana’s Thesis, Department of Management, Faculty of Economics, Universitas Negeri Malang. Advisor: Dr. Madziatul Churiyah, S.Pd., M.M.

 

Keywords: authentic assessment, performance-based, archival management

Republic of Indonesia Government Regulation Number 4 of 2014 concerning the Implementation of Higher Education and Management of Higher Education as well as the Minister of Research, Technology and Higher Education Regulation of the Republic of Indonesia Number 44 of 2015 concerning National Standards for Higher Education state that there are educational standards which include assessment standards. The education curriculum is determined by each study program with flexible and accommodating performance standards that must be adapted to students’ competency at the 21st century. One of the principles of assessment is authenticity. The Office Administration Education lecturers stated that there were no criteria specifically prepared to assess students' performance in Filing Management courses in the field of their authenticity. The purpose of this development research is to produce a performance-based authentic assessment instrument in the appropriate Archival Management subject through expert validation and product testing.

The research and development method used was Research and Development by Sugiyono which has been modified into 7 steps; (1) potential and problems, (2) data collection, (3) product design, (4) design validation, (5) revision design, (6) product testing, and (7) product revision. The product was tried out to the lecturers of the Archival Management course and Student Worksheets were tested to a class of Office Administration Education students year 2017 who take the Archival Management course. The instruments of data collection used interview questionnaires, construct validation and content questionnaires, as well as lecturer and student trial questionnaires. The data obtained were qualitative and quantitative data. The data collection techniques were by means of interviews, observation, and questionnaires. The data analysis technique used was average and was categorized using the level of validity.

The products of the research and development are in the form of authentic performance-based assessment instruments in the Archival Management course consisting of instructions for use, psychomotor assessment instructions, grids of psychomotor assessment instruments, student worksheets (LKM), observation sheets, and guidelines for scoring criteria. Instructions for use contain the distribution of instruments for students and lecturers. Directions for psychomotor assessment contain accumulated scores from various aspects. The instrument grid is used as a guideline for making observation sheets to assess and guide the scoring criteria. Guidelines for scoring criteria contain the level criteria for student performance scores. Instruments can help lecturers in authentic evaluations, 

increase independence, and create learning completeness. The results of construct and content validation indicate that the assessment instrument has a construction and content with very feasible criteria. The results of limited trials on lecturers indicate that the instruments can be used very easily. Meanwhile, students as users of student worksheets say that they can read instruments with criteria very easily.

Suggestions in terms of how to utilize this product are to provide guidance to the observers before making an assessment, to give students worksheets before learning activities, and to simplify of the assessed aspects. Suggestions in terms of dissemination are to journalized and use the product in the scope of Office Administration Education study program, Universitas Negeri Malang. Further suggestions in terms of the product are to carry out trial activities with more audiences, to have more interesting writing systematics, to develop the instruments in Archival Management II course, and to increase effectiveness and product efficiency.