SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Ebook Berbasis Sigil Kelas X Paket Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran

Mega Maudina

Abstrak


ABSTRAK

 

Maudina, Mega. 2019. Pengembangan Ebook Berbasis Sigil Kelas X Paket Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran SMK PGRI 2 Malang. Skripsi, Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: Dr. H. Agung Winarno, M.M

 

Kata kunci: ebook, sigil, software, teknologiperkantoran

 

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dapat dimanfaatkan untuk membuat sumber belajar yang menarik bagi siswa, sehingga siswa menjadi lebih aktif untuk dapat berpikir secara kreatif dan mandiri. Penyajian buku tidak lagi dikemas secara konvensional berupa buku cetak, namun buku dapat disajikan dalam bentuk digital yaitu elektronic book. Ebook merupakan singkatan dari electronic book, dalam bahasa Indonesia disebut sebagai buku digital. Software atau aplikasi yang digunakan untuk membuat ebook pada mata pelajaran Teknologi Perkantoran semester 2 adalah sigil. Sigil merupakan singkatan dari Sea Digital Learning. Sigil adalah sebuah software editor yang dapat digunakan untuk membuat ebook berformat .epub yang berisiteks, gambar, maupun audio dan bersifat opensource (gratis). Pengembangan ebook berbasis sigil diharapkan bisa menjadi sumber belajar yang dapat menunjang kegiatan pembelajaran di mana pengembangan ebook ini akan lebih dispesifikkan terhadap materi yang akan disampaikan kepada siswa. Penelitiandan pengembangan ini bertujuan untuk (1) menghasilkan ebook berbasis sigil pada mata pelajaran Teknologi Perkantoran semester 2 kelas X Paket Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di SMK PGRI 2 Malang dan (2) menguji kelayakan dan kevalidan dari ebook berbasis sigil pada mata pelajaran Teknologi Perkantoran berdasarkan uji validasi ahli dan pengguna.

Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R & D). Sedangkan Model pengembangan yang digunakan adalah model penelitian dari Borg and Gall yang dimodifikasi oleh peneliti menjadi 8 langkah, sebagai berikut: (1) PenelitianAwal, (2) Pengumpulan Data, (3) Pengembangan Draft Produk Awal, (4) Uji Coba Produk Awal, (5) Revisi Hasil Uji Coba, (6) Uji Coba Lapangan, (7) Revisi Produk Final, dan (8) Produk Akhir.

Validasi menghasilkan dua jenis data, yaitu data yang berupa hasil skor validas isebagai data kuantitatif dan kritik maupun saran sebagai data kualitatif. Analisis data yang diperoleh selanjutnya diolah oleh peneliti. Peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif prosentase yaitu teknik mengubah data kuantitatif menjadi bentuk prosentase yang selanjutnya dijelaskan menggunakan kalima tkuantitatif. Hasilvalidasi yang diperoleh ebook berbasi ssigil dari ahli ebook sebesar 84% dengan kriteria sangat valid, sedangkan hasil validasi dari ahli materi sebesar 80% dengan kriteria cukup valid, dan hasil validas ipengguna yang didapat dari uji coba produk sebesar 86,76% dengan kriteria sangat valid. Berdasarkan ketiga hasil validasi tersebut dapat diperoleh rata-rata sebesar 83,59% dengan kriteria sangat valid. Hal tersebut menunjukkan bahwa ebook berbasis sigil pada mata pelajaran Teknologi Perkantoran untuk semester 2 sangat efektif dan layak digunakan sebagai sumber belajar di SMK PGRI 2 Malang.

Saran dari peneliti dengan adanya ebook berbasis sigil ini siswa dapat menggunakan dan mengakses ebook berbasis sigil melalui smartphone, komputer maupun laptop sebagai media yang akan digunakan sebagai sumber belajar pada mata pelajaran Teknologi Perkantoran untuk semester 2. Ebook berbasis sigil sebaiknya disempurnakan dengan menggunakan beberapa aplikasi/software yang lain agar dapat memuatkuis yang interaktif. Misalnya, Hot Potatoes atau Quiz Maker.