SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Motivasi Intrinsik terhadap Komitmen Organisasional melalui Kepuasan Kerja karyawan Yayasan Pengelola Zakat di Kota Malang.

jenerio nikko prazepta

Abstrak


ABSTRAK

 

Prazepta, Jenerio Nikko. 2018. Pengaruh Motivasi Intrinsik terhadap Komitmen Organisasional melalui Kepuasan Kerja karyawan Yayasan Pengelola Zakat di Kota Malang. Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakuktas Ekonomi dan Bisnis, Universitas NegerI Malang, Pembimbing : Lohana Juariyah S.E., M.Si

 

 Kata kunci: Motivasi Instrinsik, kepuasan kerja, komitmen Organisasi

Komitmen organisasi merupakan keadaan dimana karyawan memihak terhadap organisasi tertentu baik nilai dan tujuan tujuannya serta senantiasa memelihara keanggotaannya dalam organisasi. Kepuasan kerja merupakan faktor yang dapat mempengaruhi komitmen organisasi selain itu didalam kepuasan kerja terdapat motivasi instrinsik yang dapat mempengaruhi kepuasan kerja karyawan. Di dalam penelitian ini bertujuan (1)untuk mengetahui bagaimana kondisi motivasi instrinsik, kepuasan kerja dan komitmen organisasi karyawan yang ada pada yayasan pengelola zakat di Kota Malang. (2) Untuk mengetahu pengaruh motivasi intrinsik terhadap  kepuasan kerja karyawan di Yayasan Pengelola zakat di Kota Malang. (3) untuk mengetahui pengaruh motivasi intrinsik terhadap komitmen organisasi di Yayasan Pengelola zakat di Kota Malang. (4) untuk mengetahui pengaruh kepuasan kerja karyawan terhadap komitmen organisasi  karyawan Yayasan Pengelola zakat di Kota Malang.(5) untuk mengetahui pengaruh motivasi intrinsik terhadap komitmen organisasi melalui kepuasan kerja karyawan Yayasan Pengelola zakat di kota Malang.

Penelitian ini menggunakan rangcangan penelitian kuantitatif yaitu explanatory research atau penelitian penjelasan dimana penelitian ini menjelaskan hubungan antara variabel-variabel yang akan diteliti. Jenis penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan-hubungan antara variabel motivasi instrinsik (X), kepuasan kerja (Y) dan komitmen organisasi (Z). Penelitian menggunakan teknik sampling random sampling dengan 36 responden karyawan yang ada di yayasan pengelola zakat di Kota Malang.

Dari hasil analisis data diperoleh hasil penelitian sebagai berikut motivasi instrinsik memiliki rata-rata 4,205 termasuk kriteria sangat tinggi, kepuasan kerja memiliki nilai 3,95 termasuk tinggi, dan  komitmen organisasi memiliki nilai rata-rata 3,974 yang termasuk tinggi, hasil menggunakan perhitungan SPSS 22. Menunjukan bahwa H1 : Motivasi intrinsik berpengaruh positif terhadap kepuasan kerja Dapat dijelaskan bahwa sig. t = 0,000 < 0,05 atau bisa diartikan H1 diterima. H2    : Kepuasan kerja berpengaruh positif terhadap komitmen organisasi. Dapat dijelaskan bahwa sig t = 0,000 < 0,05 atau bisa diartikan H2 diterima. H3 Motivasi intrinsik berpengaruh positif terhadap komitmen organisasi. t = 0,000 < 0,05 atau bisa diartikan H3 diterima. motivasi intrinsik berpengaruh positif terhadap komitmen organisasi melalui kepuasan kerja. pengaruh tidak langsung sebesar 0,104 H4 diterima.