SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Instrumen Penilaian Autentik Psikomotor Berbasis Kinerja Pada Mata Pelajaran Komununikasi Bisnis kelas X Bisnis Daring Pemasaran di SMK ISLAM Batu

Ira Nur Aini

Abstrak


ABSTRAK

 

Aini, Ira Nur, 2019. Pengembangan Instrumen Penilaian Autentik Psikomotor Berbasis Kinerja pada Kompetensi Dasar Melakukan Negosiasi dan Melakukan Hubungan dengan Pelanggan. Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr Wening Patmi Rahayu, S.Pd., M.M.

 

Kata Kunci : Penilaian autentik, penilaian psikomotor, penilaian kinerja.

Penilaian autentik adalah bentuk penilaian yang menghendaki peserta didik menampilkan sikap, menggunakan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh dari pembelajaran dalam melakukan tugas pada situasi yang sesungguhnya. Salah satu penilaian autentik yang diterapkan dalam kurikulum 2013 adalah penilaian kinerja, dikarenakan penilaian tersebut dianggap  dapat melihat kemampuan dan keterampilan peserta didik selama proses belajar dan pembelajaran. Namun fakta dilapangan berbeda, kegiatan penilaian ranah psikomotor masih belum terlihat dan masih belum menyeluruh sehingga dapat dikatakan tidak dapat menilai kemampuan siswa dengan sahih. Maka dari itu dibuatlah penelitian dan pengembangan ini untuk dapat digunakan sebagai media penilaian yang layak digunakan dan dapat dijadikan pedoman dalam kegiatan menilai khususnya ranah psikomotorik.

Tujuan penelitian dan pengembangan ini yaitu menghasilkan produk berupa instrumen penilaian autentik psikomotor berbasis kinerja pada mata pelajaran Komunikasi Bisnis kelas X Bisnis Daring Pemasaran yang sesuai dengan kurikulum 2013 serta mengetahui kelayakan produk yang telah dibuat untuk digunakan dan dikembangkan ulang oleh peneliti lain.

Pengembangan instrumen penilaian ini menggunakan langkah-langkah sebagai berikut: (1) Penelitian dan pengumpulan data (research and information collection), (2) Perencanaan (planning), (3) Pengembangan draft produk (develop preliminary form of product) , (4) Uji coba lapangan awal (preliminary field testing), (5) Revisi hasil uji coba (main product revision) yang dikemukakan oleh Brog andGall. Penelitian dan pengembangan berfokus pada penilaian aspek psikomotor berbasis kinerja pada mata pelajaran komunikasi bisnis. Kegiatan validasi dilakukan oleh ahli yang meliputi ahli materi dan ahli assesmen, sedangkan untuk uji coba terbatas berfungsi untuk mengetahui tingkat kelayakan produk yang dilakukan guru mata pelajaran komunikasi bisnis dan siswa selaku subyek penelitian.

Hasil validasi oleh validator ahli penilaian menunjukkan persentase sebesar 96,15% dengan kategori “sangat valid”. Validasi oleh ahli materi menunjukkan persentase 100% dengan kategori “sangat valid”. Hasil uji coba terbatas oleh guru berupa agket yaitu 98,6% dengan kategori “sangat layak” dan hasil angket keterbacaan siswa menunjukkan presentase 90,41% “sangat valid”

Saran pemanfaatan produk penelitian dan pengembangan instrumen penilaian autentik psikomotor berbasis kinerja  yaitu produk digunakan secara maksimal dengan memperhatikan petunjuk penggunaan bagi guru dan siswa agar pemanfaatan produk dapat dirasakan manfaatnya secara maksimal. Produk memiliki keterbatasan yaitu jika Kompetensi Dasar (KD) yang dikembangkan di instrumen penilaian berbeda dengan Kompetensi Dasar (KD) yang sedang ditempuh. Maka guru dapat menjadikan produk instrumen penilaian autentik psikomotor ini sebagai pedoman untuk mengkreasikan produk baru. Sehingga semakin banyak guru membuat produk instrumen penilaian maka siswa dan guru dapat memperoleh manfaat secara mutlak dan mencapai penilaian yang sahih. Saran untuk peneliti lain yaitu diharapkan peneliti lain meneruskan langkah-langkah penelitian sampai ke 10 langkah untuk mencapai kesempurnaan produk.