SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Administrative Literacy terhadap Kinerja Pegawai di Pemerintah Kabupaten Malang

Erly Novitasari

Abstrak


ABSTRAK

 

 

Novitasari, Erly. 2019. Pengaruh Administrative Literacy terhadap Kinerja Pegawai di Pemerintah Kabupaten Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. H. Agung Winarno, M.M.

 

Kata Kunci: administrative literacy, pengetahuan, keterampilan, kemampuan, kinerja pegawai

 

Kinerja pegawai merupakan salah satu penentu dalam pencapaian tujuan organisasi. Oleh karena itu, penting bagi pegawai untuk memiliki kompetensi sesuai bidang pekerjaannya, salah satunya dalam bidang administrasi (administrative literacy) yang diuraikan menjadi pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan administrasi.

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan tingkat pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan administrasi serta kinerja pegawai (2) menguji pengaruh tingkat pengetahuan administrasi terhadap kinerja pegawai; (3) menguji pengaruh tingkat keterampilan administrasi terhadap kinerja pegawai; (4) menguji pengaruh tingkat kemampuan administrasi terhadap kinerja pegawai; (5) menguji pengaruh tingkat pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan administrasi terhadap kinerja pegawai; (6) menguji perbedaan tingkat pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan administrasi serta kinerja pegawai.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis regresi berganda. Populasi dari penelitian ini yaitu pegawai di Pemerintahan Kabupaten Malang sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportionate random sampling, sehingga didapat sampel sebanyak 80 responden.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pengetahuan bidang administrasi pegawai termasuk kategori sangat baik, keterampilan dan kemampuan bidang administrasi sertakinerja termasuk dalam kategori baik; (2) pengetahuan bidang administrasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai; (3) keterampilan bidang administrasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai; (4) kemampuan bidang administrasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai; (5) pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan dalam bidang administrasi secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai; (6) tidak ada perbedaan tingkat pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan dalam bidang administrasi serta tingkat kinerja pegawai antara Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa dengan Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Malang.

Berdasarkan hasil penelitian, maka saran yang dapat diberikan peneliti yaitu: (1) kepadaPemerintah Kabupaten Malang untuk lebih meningkatkan administrative literacy pegawai melalui seminar dan pelatihan untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki; (2) Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat menyempurnakan dan mengembangkan variabel lain diluar variabel yang sudah diteliti.