SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH ADVERTISING TERHADAP MINAT BELI ULANG MELALUI BRAND AWARENESS SHOPEE PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI JURUSAN MANAJEMEN PROGRAM STUDI S1 MANAJEMEN ANGKATAN 2016 DAN 2017

Nurfirda Sofia Silviana

Abstrak


ABSTRAK

 

Silviana, Nurfirda Sofia. 2019.Pengaruh Advertising terhadap Minat Beli Ulang melalui Brand Awareness Shopee pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Program Studi S1 Manajemen Angkatan 2016 dan 2017 .Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang.Pembimbing: Dr. Aniek Indrawati, S.Si., M.M

 

Kata kunci: advertising,brand awareness, minat beli ulang

Persaingan dalam berbisnis sangat ketat sekarang ini, apalagi semakin pesat perkembangan teknologi, sehingga diperlukan strategi yang tepat untuk dapat menarik minat beli ulang masyarakat. Sarana promosi dengan menggunakan advertising diharapkan dapat menjadi daya tarik dan menambah kekuatan brand awareness untuk meningkatkan minat beli dan penjualan produk.

Tujuan penelitian untuk mengetahui (1) Deskripsi variabel Advertising, Brand Awareness dan Minat Beli Ulang, (2) Pengaruh langsung Advertising terhadap Brand Awareness, (3) Pengaruh langsung Brand Awareness terhadap Minat Beli Ulang, (4) Pengaruh langsung Advertising terhadap Minat Beli Ulang, dan (5) Pengaruh Advertisingsecaratidak langsung terhadap Minat Beli Ulang melalui Brand ImageShopee.

Penelitian ini menggunaan pendekatan kuantitatif dengan jenis riset deskriptif dan eksplanatori. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner tertutup yang diproses pada Uji Validitas dan Uji Reliabilitas dengan hasil valid dan reliabel. Populasi penelitian adalah Mahasiswa Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Program Studi S1 Manajemen 2016 dan 2017(finite population).Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Simple random sampling,berdasarkan kriteria: 1.Responden telah menggunakan aplikasi Shopee untuk berbelanja lebih dari dua kali; 2.Responden telah melihat iklan yang ditayangkan Shopee; 3.Responden merupakan Mahasiswa fakultas ekonomi jurusan manajemen program studi S1 manajemen 2016 dan 2017 Universitas Malang. Perhitungan sampel menggunakan rumus Slovin Siregar dengan jumlah 79 responden.

Analisa yang digunakan adalah Path Analysis. Uji prasyarat melalui Uji Normalitas dengan hasil residual berdistribusi normal dan Uji Liniearitas dengan hasil persamaan jalur linier.

Hasil penelitian menunjukan bahwa persepsi responden terhadap advertising, brand awareness dan minat beli ulang sudah baik dengan nilai GrandMean advertising 3,83, brand awareness3,80 dan minat beli ulang 3,61 yang termasuk kategori tinggi pada kelas interval.Hasil analisa jalur (1) Advertisingberpengaruh secara langsung terhadap Brand Awareness, (2) Brand Awareness berpengaruh secara langsung terhadap Minat Beli Ulang, (3) Advertising berpengaruh secara langsung terhadap Minat Beli Ulang,dan (4) Advertisingberpengaruh secara tidak langsung terhadap Minat Beli melalui Brand Awareness Shopee.

Shope perlu untuk meningkatkan tim kreatif mereka untuk membuat struktur iklan lebih mudah dipahami, struktur iklan yang dimaksud disini adalah seperti gambar, backsound, isi pesan, dan juga pembawa iklan, sehinggapesan yang ingin disampaikan bisa tersampaikan kepada konsumen Shopee yang menonton iklan yang dibuat oleh Shopee, selain itu konsumen juga dapat lebih mudah mengingat iklan tersebut karena mudah dipahami. Dengan demikian diharapkan dapat menjangkau pasar lebih luas.