SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Pengalaman Kerja Dan Kompetensi Pegawai Di Bidang Administrasi Terhadap Kinerja Pegawai Bagian Umum Sekretariat Daerah Kota Malang

Retno Maslikhan Firdaus

Abstrak


ABSTRAK

 

Firdaus, Retno Maslikhan. 2019. Pengaruh Pengalaman Kerja Dan Kompetensi Pegawai Di Bidang Administrasi Terhadap Kinerja Pegawai Bagian Umum Sekretariat Daerah Kota Malang. Skripsi. Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. H. Agung Winarno, M.M.

 

Kata Kunci: pengalaman kerja, kompetensi pegawai bidang administrasi, kinerja pegawai

Kinerja merupakan hasil kerja yang dicapai pegawai dalam menyelesaikan tugas dan tanggung jawab yang diberikan organisasi. Kinerja pegawai secara langsung memiliki pengaruh terhadap pencapaian tujuan organisasi. Oleh karena itu, perlu adanya manajemen kinerja yang baik dari organisasi terhadap pegawainya untuk menjamin kinerja organisasi kedepannya. Salah satunya melalui faktor pengalaman kerja dan kompetensi pegawai di bidang administrasi yang disesuaikan dengan pekerjaannya agar pegawai dapat melaksanakan  tugasnya dengan baik sehingga tujuan organisasi lebih mudah dicapai.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) gambaran deskriptif pengalaman kerja, kompetensi pegawai di bidang administrasi, dan kinerja pegawai Bagian Umum Sekretariat Daerah Kota Malang (2) pengaruh pengalaman kerja terhadap kinerja pegawai Bagian Umum Sekretariat Daerah Kota Malang (3) pengaruh kompetensi pegawai di  bidang administrasi terhadap kinerja pegawai Bagian Umum Sekretariat Daerah Kota Malang (4) pengaruh pengalaman kerja dan kompetensi pegawai di  bidang administrasi terhadap kinerja pegawai Bagian Umum Sekretariat Daerah Kota Malang.

Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis regresi linier berganda. Populasi dalam penelitian ini  adalah pegawai Bagian Umum Sekretariat Daerah Kota Malang. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 48 responden. Teknik  pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling. Metode pengumpulan dan menggunakan kuesioner terbuka dan tertutup.

Dari analisis data, diperoleh hasil sebagai berikut: rata-rata pengalaman  kerja pegawai Bagian Umum Sekretariat Daerah Kota Malang adalah selama 16 tahun; kompetensi pegawai bidang administrasi memiliki nilai rata-rata sebesar 3,96 dan termasuk dalam  kategori baik; dan kinerja pegawai memiliki nilai rata-rata sebesar 4,1 dan termasuk dalam kategori baik.  Hasil analisis menggunakan SPSS menunjukkan bahwa (1) Pengalaman kerja tidak berpengaruh terhadap kinerja pegawai; (2) Kompetensi pegawai bidang administrasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai; (3) Pengalaman kerja dan kompetensi pegawai bidang administrasi secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) pegawai Bagian Umum Sekretariat Daerah Kota Malang memiliki pengalaman kerja rata-rata selama 16 tahun; kompetensi pegawai bidang administrasi termasuk dalam kategori baik; dan  kinerja pegawai termasuk dalam kategori baik (2) Pengalaman kerja tidak berpengaruh terhadap kinerja pegawai (3) Kompetensi pegawai bidang administrasi bepengaruh positif signifikan terhadap kinerja pegawai (4) Pengalaman kerja dan kompetensi  pegawai bidang administrasi secara simultan berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja pegawai.

Saran yang dapat diberikan kepada Bagian Umum Sekretariat Daerah Kota Malang yaitu diharapkan untuk lebih meningkatkan kompetensi pegawainya di bidang administrasi dengan memberikan pelatihan maupun seminar untuk menambah wawasan dan pengalaman pegawai. Bagi peneliti selanjutnya, diharapkan menambahkan variabel lain karena terdapat beberapa variabel lain yang memiliki hubungan dengan kinerja pegawai, seperti motivasi kerja, kepuasan kerja, dan kompensasi.