SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, DAN PERIKLANAN TERHADAP MINAT BELI PRODUK TOP COFFEE

Hamdan 'Afif Bahi

Abstrak


ABSTRAK

 

Afif, Hamdan. 2019. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Periklanan terhadap Minat Beli Produk Top Coffee (Studi Pada Mahasiswa Universitas Negeri Malang Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Angkatan 2016) Skripsi, Jurusan Manajemen. Program Studi S1 Manajemen. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Aniek Indrawati, S.Si., M.M.

Kata Kunci: Kualitas Produk, Harga, Periklanan, Minat Beli

Dalam hal perencanaan pembelian, seseorang akan memperhatikan beberapa aspek yang terdapat pada produk tersebut salah satunya adalah Kualitas Produk. Kualitas Produk merupakan karakteristik yang dimiliki suatu produk yang bergantung pada kemampuannya dalam memenuhi keinginan dan kebutuhan konsumen. Selain aspek Kualitas Produk, terdapat beberapa aspek lain yang dapat mempengaruhi seseorang dalam melakukan pembelian antara lain aspek Harga dan aspek Periklanan. Harga merupakan satuan moneter yang di tetapkan oleh perusahaan atas produk yang telah dihasilkan yang mana produk tersebut memiliki nilai guna bagi konsumen. Sedangkan Periklanan adalah bentuk komunikasi berbayar, didesain untuk memengaruhi penerima supaya melakukan suatu sekarang atau dimasa yang akan datang. Dengan adanya beberapa aspek tersebut diharapkan akan muncul Minat Beli konsumen, dalam penelitian ini adalah calon konsumen produk Top Coffee.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Deskripsi variabel Kualitas Produk, Harga, Periklanan, dan Minat Beli, (2) Pengaruh Kualitas Produk terhadap Minat Beli, (3) Pengaruh Harga terhadap Minat Beli, (4) Pengaruh Periklanan terhadap Minat Beli.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis riset deskriptif korelasional. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner tertutup yang diproses menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Populasi dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa S1 jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang tahun 2016 yang belum pernah melakukan pembelian produk Top Coffee dan yang pernah menyaksikan iklan Top Coffee. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling, teknik probability sampling yang digunakan adalah proportional random sampling. Perhitungan sampel menggunakan rumus Slovin dengan hasil sampel sebesar 82 responden kemudian ditingkatkan menjadi 85 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah Statistik Deskriptif dan Regresi Linier Berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi responden terhadap empat variabel penelitian cukup baik. Hal ini ditunjukkan oleh nilai Grand Mean sebesar 3.58  untuk Kualitas Produk, 3.75 untuk variabel Harga, 3.71 untuk variabel Periklanan dan 3,04 untuk variabel Minat Beli. Hasil analisis data menunjukkan variabel Kualitas Produk dan Periklanan berpengaruh terhadap Minat Beli, sedangkan variabel Harga tidak berpengaruh pada Minat Beli.