SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Pengalaman Praktik Kerja Industri dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Produktif Terhadap Kesiapan Kerja (Studi Pada Program Keahlian Administrasi Perkantoran Kelas XII SMK PGRI 1 Tulungagung)

Rizka Feptya Anggraini

Abstrak


ABSTRAK

 

Anggraini, Rizka F. 2019. Pengaruh Pengalaman Praktik Kerja Industri dan HasilBelajar Mata Pelajaran Produktif Terhadap Kesiapan Kerja (Studi PadaProgram Keahlian Administrasi Perkantoran Kelas XII SMK PGRI 1Tulungagung). Skripsi. Jurusan Manajemen, Program Studi S1 PendidikanAdministrasi Perkantoran, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang.Pembimbing: Drs. I Nyoman Suputra, M.Si.

 

Kata Kunci: pengalaman praktik kerja industri, hasil belajar mata pelajaran produktif, kesiapan kerja.

Tidak seimbangnya antara lapangan pekerjaan dengan pencari kerjamenyebabkan banyak orang yang tidak mendapatkan kesempatan untuk bekerja.Kesiapan kerja dari lulusan SMK dituntut untuk lebih siap dibandingkan dengansekolah sederajat lainnya. Pemerintah telah memberikanlink and machpada SMKyaitu pelatihan secara langsung kedalam dunia kerja sesuai dengan bidangnya.Pengalaman praktik kerja industri dapat memberikan gambaran secara penuhmengenai dunia kerja yang nyata sehingga dapat mendorongpeserta didikuntuklebih mempersiapkan dirimenghadapi dunia kerja. Penguasaan yang tinggiterhadap mata pelajaran produktif idealnya menandakan bahwa peserta didikmemiliki pengetahuan mengenai bidang kejuruan secara teoritis sehinggamenunjang kesiapan kerja.Variabel independen dalam penelitian ini adalah pengalaman praktik kerjaindustri (X1) dan hasil belajar mata pelajaran produktif (X2), sedangkan variabeldependen dalam penelitian ini adalah kesiapan kerja (Y).

Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui (1) deskripsi pengalaman praktik kerja industri, hasil belajarmata pelajaran produktif, dan kesiapan kerja peserta didik kelas XII SMK PGRI 1Tulungagung; (2) pengaruh pengalaman praktik kerja industri terhadap kesiapankerja (3) pengaruh hasil belajar mata pelajaran produktif terhadap kesiapan kerja,dan (4) pengaruh pengalaman praktik kerja industri dan hasil belajar matapelajaran produktif terhadap kesiapan kerja.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif,menggunakananalisisdatastatistikdeskriptif dan statistik inferensialmelaluiregresi linier bergandadanuji hipotesis.

Populasi penelitian adalah 121 dengan jumlah sampel 93 pesertadidik menggunakan teknikproportional random sampling. Pengumpulan datayang digunakan adalah data primerdan sekunder berupa kuesioner dan nilai rapor.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) pengalaman praktik kerjaindustri peserta didik kelas XII SMK PGRI 1 Tulungagung program keahlianAdministrasi Perkantoran dalam kategori baik, hasil belajar mata pelajaranproduktif dalam kategori baik, dan kesiapan kerja dalam kategori baik; (2)terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pengalaman praktik kerjaindustri terhadap kesiapan kerja; (3) tidak terdapat pengaruh yang positif dansignifikan antara hasil belajar mata pelajaran produktif terhadap kesiapan kerja;(4) terdapat pengaruh secara simultan antara pengalaman praktik kerja industridan hasil belajar mata pelajaran produktif terhadap kesiapan kerja kelas XII SMKPGRI 1 Tulungagung Program Keahlian Administrasi Perkantoran.

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disarankan: (1) bagi peserta didik,indikator kesiapan kerja berupa mudah mengenal dan beradaptasi dengan rekankerja perlu diperbaiki untuk mendukung kesiapan kerja.Memperluas pengetahuanproduktif bidang Administrasi Perkantoran perlu dilakukan melalui buku maupunsumber internet agar mendukung kesiapan kerja. (2)bagi peneliti selanjutnyadiharapkandapat melakukan penelitian untuk mengetahui variabel-variabel lainyang mempengaruhikesiapan kerja peserta didik guna memberikan manfaat yanglebih bagi sekolah dan peserta didik pada khususnya.

 

ABSTRACT

 

Anggraini, Rizka F. 2019. The Influence of Industrial Work Experiene and Knowledge Productive Subjects Against Working Readiness (Class XII Student Expertise Program Administrasi Perkantoran Vocational High School PGRI 1 Tulungagung). Sarjana’s Thesis, Departemen Of Management, Study Program Pendidikan Administrasi Perkantoran, Faculty of Economics, Universitas Negeri Malang. Advisor: Drs. I Nyoman Suputra, M.Si.

 

Key Words: Industrial Work Experience, Knowledge Productive Subjects, Working Readiness.

Unbalanced employment and job seekers causes many people not to get the opportunity to work. Work readiness from vocational graduates is required to be better prepared compared to other equivalent schools. Government has provided links and mach to Vocational Schools, training directly the world of work in accordance with their fields. Experience of industrial work practices can provide a full picture of the real world of work, so that it can better prepared. Having productive subject knowledge ideally indicates that students have knowledge about the field of vocational theoretically so as to support work readiness.

The independent variable in this study is the industrial work experience (X1) and knowledge productive subjects (X2), while the dependent variable in this study is working readiness (Y). This study intend to know: (1) description of industrial work experience, knowledge productive subjects and working readiness students of class XII of SMK PGRI 1 Tulungagung; (2) influence industrial work experience against working readiness; (3) influence knowledge productive subjects against working readiness; (4) influence industrial work experience and knowledge productive subjects against simultaneously working readiness.

This study uses a quantitative approach. The population student of class XII of SMK PGRI 1 Tulungagung Administrasi Perkantoran Program 121 students and 93 sample technique uses proportional random sampling. Data collection used is primary and secondary data n the form of questionnaire and report card.

The results of this study indicated that: (1) industrial work, knowledge productive subjects, and working readiness in good categories; (2) there is a positive and significant influence between industry work experience against work readiness; (3) there is no positive and significant influence between knowledge productive subjects against work readiness; (4) there is a simultaneous influence between industry work practice experience and knowledge productive subjects against work readiness of class XII SMK PGRI 1 Tulungagung Administrasi Perkantoran Program Study.

Based on the result of the study, it can be suggested: (1) for students, indicators of work readiness in the form of being easy to recognize and adapt to coworkers need to be improved to support work readiness. Ecpanding productive knowledge in Administrasi Perkantoran Program Study needs to be done through books and internet sources to support work readiness; (2) for further researchers expected to conduct research to find out other variables that affect the work readiness of students in order to provide more benefits for schools and students in particular.