SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Instrumen Penilaian Autentik Berbasis Kinerja pada Mata Pelajaran Kearsipan (Studi pada Peserta Didik Kelas X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran SMK Muhammadiyah 5 KepanjenKabupaten Malang)

Siti Rokhimah

Abstrak


ABSTRAK

 

Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah (1) menghasilkan produkberupa instrumen penilaian autentik berbasis kinerja mata pelajaran kearsipan kompetensi dasar menerapkan prosedur penyusutan arsip, dan (2) mendeskripsikan kelayakan instrumen penilaian autentik berbasis kinerja dalam ranah kognitif dan psikomotorik melalui validasi ahli mata pelajaran kearsipan kompetensi dasar menerapkan prosedur penyusutan arsip kelas X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Kabupaten Malang.

Penelitian dan pengembangan instrumen ini menggunakan model R & D menurut Borg & Gall. Tahapan pengembangan dimodifikasi menjadi enam tahap yaitu(1) studi pendahuluan, (2) perencanaan, (3) pengembangan draf produk, (4) uji coba produk, (5) revisi hasil uji coba produk,dan (6) produk final. Produk hasil pengembangan divalidasi melalui seorang ahli validasi isi, seorang ahli validasi konstruk, subjek uji coba pengguna instrumen penilaian pada tiga guru produktif, dan subjek uji coba produk 25 peserta didik. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket serta jenis data yang diperoleh berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif berupa skor penilaian dari angket dan data kualitatif berupa komentar dan saran. Teknik analisis data yang digunakan adalah perhitungan persentase.

Produk hasil penelitian dan pengembangan berupa instrumen penilaian autentik berbasis kinerja pada mata pelajaran kearsipan dalam bentuk cetak. Hasil validasi konstruk menunjukkan bahwa instrumen penilaian psikomotorik memiliki persentase 93,33% dan instrumen penilaian kognitif memiliki persentase 94% dengan kriteria keduanya “sangat valid”. Hasil validasi isi menunjukkan bahwa instrumen penilaian psikomotorik memiliki persentase 96% dan instrumen penilaian kognitif memiliki persentase 91,11% dengan kriteria keduanya “sangat valid”. Hasil angket respon guru memiliki persentase 85,3% dengan kriteria “sangat valid” dan angket hasil uji coba produk kepada peserta didik memiliki persentase 85,76% dengan kriteria “sangat valid”. Berdasarkan hasil validasi dan subjek uji coba produk menunjukkan bahwa produk instrumen penilaian autentik berbasis kinerja sangat layak digunakan.

Saran pengembangan lebih lanjut dalam penelitian dan pengembangan yaitu (1) melakukan uji coba dengan melihat keefektifan produk yang akan dikembangkan, (2) membandingkan hasil penilaian produk dan tidak menggunakan produk, (3) penelitian yang dilakukan dapat diterapkan sampai pada tahap desiminasi dan tahap implementasi produk, karena lembar kerja siswa sangat membantu peserta didik dalam memahami tugas kinerja untuk mengetahui pencapaian kompetensi dasar menerapkan prosedur penyusutan arsip, sehingga guru sangat terbantu dengan instrumen penilaian autentik berbasis kinerja yang memberikan kemudahan dalam memberikan tugas praktik penyusutan arsip pada kelas X.