SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN E-MODUL BERBANTUAN SOFTWARE KVISOFT FLIPBOOK MAKER MATERI MENERAPKAN USAHA KECIL DAN MENENGAH PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DAN BISNIS (Studi pada Peserta Didik Kelas X Program Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran di SMKN 1 Kecamatan Udanawu Ka

M. Alif Wafa Ni'am

Abstrak


ABSTRAK

 

Ni’am, M. Alif Wafa. 2019. Pengembangan E-modul Berbantuan Software Kvisoft Flipbook Maker Materi Menerapkan Usaha Kecil Dan Menengah Pada Mata Pelajaran Ekonomi Dan Bisnis (Studi pada Peserta Didik Kelas X Bidang Keahlian Bisnis Daring dan PemasaranSMKN 1 Kecamatan Udanawu Kabupaten Blitar). Skripsi Jurusan Manajemen,  Fakultas Ekonomi, Universitas  Negeri Malang.Pembimbing :  Rachmad Hidayat, S.Pd., M.Pd.

Kata Kunci :  E-modul,  Software Kvisoft Flipbook Maker, Materi Menerapkan Usaha Kecil Dan Menengah, Mata Pelajaran Ekonomi Dan Bisnis

 

Era teknologi saat ini dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia dapat dilaksanakan melalui banyak hal, salah satunya dengan memanfaatkan teknologi yang semakin berkembang. Salah satu upaya yang dilakukan adalah melalui jalur pendidikan. Perkembangan teknologi yang sangat pesat telah menghasilkan hal-hal baru dibidang pendidikan. Perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan diantaranya pengembangan e-book, web, e-modul dan masih banyak lagi. Media yang digunakan dalam bentuk teks, audio, visual, dan maupun audio visual. E-modul bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran yang dapat mempermudah proses pembelajaran dan belajar mandiri.

Pengembangan produk ini menggunakan model Borg & Gall yang disesuaikan dengan kebutuhan dilapangan: (1) Pengumpulan Informasi, (2) Pengumpulan Data, (3) Desain Produk, (4) Validasi Desain, (5) Revisi Desain, (6) Uji Coba Produk, (7) Revisi Produk, (8) Produk Akhir. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif berupa perhitungan skor yang diberikan validator dan pengguna melalui kuisioner. Data kualitatif berupa kritik, saran dan komentar dari validator dan pengguna sebagai dasar acuan dalam melakukan revisi produk yang dikembangkan.

Hasil penelitian dan pengembangan ini diperkuat dengan hasil analisis data dari validasi oleh validator dan penilaian oleh pengguna, yaitu ahli media sebesar 98 %, ahli materi sebesar 87 %, pengguna sebesar 81 %. Berdasarkan analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa produk E-modul berbantuan software kvisoft Flipbook maker dinyatakan sangat baik, sangat efektif dan dapat digunakan dalam pembelajaran materi menerapkan usaha kecil dan menengah mata pelajaran ekonomi dan bisnis di SMKN 1 Udanawu Kabupaten Blitar. Saran bagi pengembang selanjutnya adalah memperbarui materi serta tampilan lebih menarik dan menyempurnakan kelemahan-kelemahan yang ada dalam e-modul.