SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ISPRING SUITE PADA MATA PELAJARAN PERENCANAAN BISNIS (Studi pada Siswa Kelas X Bisnis Daring dan Pemasaran SMKN 2 Blitar)

Febi Candra Kartikasari

Abstrak


ABSTRAK

 

Kartikasari, Febi Candra. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Ispring Suite pada Mata Pelajaran Perencanaan Bisnis (Studi pada Siswa Kelas X Bisnis Daring dan Pemasaran SMKN 2 Blitar. Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang, Pembimbing

Drs. Mohammad Hari, M.Si.

 

Kata Kunci : Pengembangan Media, Media Pembelajaran Interaktif, Ispring Suite

 

            Media pembelajaran merupakan suatu alat perantara yang penting dalam kegiatan pembelajaran. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi dengan guru mata pelajaran Perencanaan Bisnis diperoleh informasi bahwa belum ada penggunaan media pembelajaran interaktif dalam kegiatan pembelajaran, guru hanya menggunakan buku dan lembar kerja siswa serta media papan tulis dalam penyampaian materi pembelajaran.

            Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran interaktif berbasis ispring suite yang dapat diakses melalui pemutar video dan web untuk laptop/komputer sedangkan aplikasi android untuk smartphone yang telah dinyatakan layak digunakan dan buku panduan penggunaan berbasis ispring suite pada mata pelajaran perencanaan bisnis. Metode penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah metode Borg and Gall. Langkah-langkah penelitian dan pengembangan meliputi penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan draft produk, uji coba lapangan awal, merevisi hasil uji coba, uji coba lapangan, penyempurnaan produk hasil uji coba lapangan, dan produk akhir.

Media ini divalidasi oleh ahli media dari dosen dan guru, ahli materi dari dosen dan guru, uji coba siswa (pengguna). Hasil yang diperoleh dari validasi tersebut, yaitu diperoleh hasil sebesar 95,6% untuk ahli media dari Dosen Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang dan ahli media dari Guru SIMDIG (Simulasi Digital) SMKN 2 Blitar yang keduanya memperoleh kriteria valid. Hasil sebesar 93,1% untuk ahli materi dari Dosen Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang dan ahli materi dari Guru Mata Pelajaran Perencanaan Bisnis SMKN 2 Blitar yang keduanya memperoleh kriteria valid. Hasil sebesar 89,4% untuk siswa (pengguna) yang memperoleh kriteria sangat sesuai.

          Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan tersebut maka media yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran interaktif berbasis ispring suite pada mata pelajaran perencanaan bisnis. Saran penggunaan media pembelajaran interaktif adalah: (1) penggunaan aplikasi android melalui smartphone sebaiknya dilengkapi dengan ruang penyimpanan eksternal, apabila ruang penyimpanan internal tidak mencukupi (2) kegiatan pembelajaran di kelas menggunakan aplikasi android melalui smartphone dipastikan peserta didik tidak mengaktifkan jaringan internet. Produk media pembelajaran interaktif berbasis ispring suite ini dapat dilakukan penyebarluasan produk dengan menggunakan flash disk dan CD (Compact Disk) dan penggunaan aplikasi andoid pada smartphone dilakukan dengan share it dan bluetooth.