SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis 3D Pageflip Professional pada Mata Pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Humas dan Keperotokolan

Tati Rohaeni

Abstrak


RINGKASAN

 

Rohaeni, T. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis 3D Pageflip Professional pada Mata Pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Humas dan Keprotokolan. Skripsi. Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. H. Gatot Isnani, M. Si.

 

Kata Kunci: media pembelajaran dan 3D Pageflip Professional.

 

Perkembangan teknologi dan informasi saat ini memiliki pengaruh yang sangat besar bagi kehidupan, termasuk dalam dunia pendidikan. Adanya perkembangan teknologi dan informasi dalam pendidikan diharapkan dapat mempermudah dan meningkatkan proses pembelajaran. Perkembangan dalam proses pembelajaran yang berbasis teknologi ini menuntut guru untuk mampu mengikuti setiap perkembangan yang ada, dan juga harus mampu menyesuaikan dengan karakteristik siswa. Guru harus kreatif dalam mengajar baik itu dari model pembelajaran ataupun media pembelajaran yang digunakan. Melalui perkembangan teknologi komunikasi yang menghadirkan berbagai macam software ataupun aplikasi dapat memudahkan guru dalam membuat media pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan kebutuhan.

Media pembelajaran memiliki peranan cukup penting dalam proses pembelajaran karena dapat mempengaruhi siswa dalam beberapa hal, seperti semangat belajar, motivasi belajar, dan suasana belajar. Berdasarkan hal tersebut maka guru harus mampu membuat sebuah media pembelajaran yang dapat meningkatkan semangat, memotivasi dan menghadirkan suasana yang menyenangkan dalam proses pembelajaran dengan tujuan dapat meningkatkan hasil belajar. Salah satunya dengan memanfaatkan software 3D Pageflip Professional untuk membuat sebuah buku digital yang menarik seperti yang dilakukan dalam penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis 3D Pageflip Professional pada mata pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Humas dan Keprotokolan.

Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan (Research &Development) yang mengacu pada langkah-langkah prosedural dari Borg, at all., (2003). Langkah-langkah penelitian pengembangan yang telah dimodifikasi peneliti ini terdiri dari delapan langkah yaitu (1) Mengidentifikasi Tujuan Pembelajaran, (2) Menganalisis Objek Pembelajaran, (3) Merumuskan Kinerja, (4)Pengembangan Media Pembelajaran, (5) Validasi Produk dan Revisi Produk, (6) Merancang dan Melaksanakan Tes Formatif, (7) Revisi Umum, dan (8) Melaksanakan Tes Sumatif. Produk yang dikembangkan dalam penelitian ini yaitu sebuah media pembelajaran dalam bentuk buku digital yang memuat materi mengenai komunikasi efektif kehumasan. Media pembelajaran yang dikembangkan melewati dua tahap validasi yaitu validasi materi yang dilakukan oleh dua validator ahli materi, dan juga validasi media yang dilakukan oleh dua validator ahli media. Subjek pada penelitian pengembangan ini terdiri dari subjek uji coba terbatas, dan kelas eksperimen sebagai subjek implementasi media. Data yang diperoleh dalam penelitian ini berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari angket yang diberikan oleh ahli materi, ahli media dan juga pengguna melalui uji coba terbatas berupa kritik dan saran. Sedangkan data kuantitatif diperoleh dari angket yang diberikan kepada validator ahli dan juga subjek uji coba terbatas untuk menilai kelayakan, kelengkapan serta tampilan fisik media, serta posttest yang memiliki tingkat kesukaran dan daya pembeda yang diberikan kepada subjek implementasi media untuk mengukur hasil belajar.

Hasil validasi dari ahli materi menunjukkan skor 97% dan ahli media menunjukkan skor 95% yang berarti sangat valid, sangat efektif, sangat tuntas, dan dapat digunakan meskipun ada beberapa perbaikan kecil sesuai saran yang diberikan ahli validator. Begitupun halnya dengan respon yang diberikan oleh pengguna melalui uji coba terbatas yang menunjukkan skor 88% yang berarti sangat valid, sangat efektif, sangat tuntas, dan dapat digunakan meskipun ada sedikit perbaikan kecil sesuai saran yang diberikan pengguna melalui uji coba terbatas. Hasil belajar ditunjukkan melalui hasil posttest yang diberikan kepada kelas eksperimen yang menggunakan media 3D Pageflip Professional dan kelas kontrol yang menggunakan media power point. Berdasarkan hasil posttest,nilai rata-rata kelas eksperimen lebihtinggi yaitu 86,70 dari kelas kontrol yaitu 82,48 namun selisih yang diperoleh hanya 4,22. Hasil analisis uji F menunjukkan nilai Fhitung adalah 0,91 dengan probabilitas 0,34 > 0,05 yang artinya tidak ada perbedaan varians antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan penjelasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis 3D Pageflip Professional tidak dapat meningkatkan hasil belajar, hal tersebut dimungkinkan karena dalam proses implementasi yang menjadi kelas kontrol juga menggunakan media yang hampir mempunyai kesamaan, yaitu power point.

Saran pengembangan lebih lanjut dalam penelitian pengembangan ini yaitu terdiri dari (1)Media pembelajaran yang dikembangkan diharapkan tidak hanya dioperasikan melalui komputer saja, tetapi juga dapat dioperasikan melalui android, (2) Pengembangan media pembelajaran ini akan lebih baik apabila terdiri dari banyak Kompetensi Dasar, dan (3) Lebih memaksimalkan  dalam memanfaatkan fasilitas yang terdapat dalam media sehingga media menjadi lebih    operasional.