SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Instrumen Penilaian Autentik Berbasis Kinerja pada Mata Kuliah Korespondensi Bahasa Indonesia (Studi pada Mahasiswa S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran Universitas Negeri Malang)

Riris Fenty Nur Rohmah

Abstrak


ABSTRAK

 

Rohmah, R. F. N. 2019. Pengembangan Instrumen Penilaian Autentik Berbasis Kinerja pada Mata Kuliah Korespondensi Bahasa Indonesia. Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Madziatul Churiyah, S.Pd., M.M.

 

Kata Kunci: penilaian autentik, penilaian kinerja, mata kuliah korespondensi Bahasa Indonesia

Penilaian lebih jauh memandu pengetahuan dan keterampilan yang harus dimiliki oleh peserta didik dan selanjutnya menilai pencapaian keterampilan melalui penilaian autentik. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk instrumen penilaian autentik berbasis kinerja bagi mahasiswa S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran Universitas Negeri Malang yang layak digunakan pada pembelajaran matakuliah Korespondensi Bahasa Indonesia. Sehingga diharapkan standar kompetensi lulusan Universitas Negeri Malang sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT).

Penelitian dan pengembangan instrumen penilaian autentik berbasis kinerja pada mata kuliah Korespondensi Bahasa Indonesia menggunakan desain penelitan dan pengembangan (research and development) yang terdiri dari tujuh langkah yang telah dimodifikasi oleh peneliti, dimulai dari studi pendahuluan yang mencakup studi kepustakaan dan survey lapangan, pengembangan instrumen penilaian, validasi draf produk, revisi draf produk, uji coba terbatas, hingga pada revisi hasil uji coba terbatas, sehingga dihasilkan produk akhir. Teknik pengumpulan data penelitian yang digunakan adalah wawancara dan observasi untuk studi pendahuluan. Sedangkan, pada validasi dan uji coba terbatas menggunakan angket sebagai instrumen dalam penilaian produk yang ditujukan bagi validator ahli, dosen, dan mahasiswa.

Hasil dari data yang telah diperoleh dapat disimpulkan bahwa instrumen penilaian autentik berbasis kinerja pada mata kuliah Korespondensi Bahasa Indonesia yang dikembangkan sangat layak untuk digunakan dalam proses penilaian perkuliahan mata kuliah Korespondensi Bahasa Indonesia. Produk instrumen yang dihasilkan dapat mencapai standar penilaian sesuai dengan standar nasional pendidikan tinggi pada aspek keterampilan khusus.

Laporan penelitian dan produk hasil penelitian dapat disebarluaskan melalui jurnal penelitian, sehingga  mahasiswa dan pendidik dapat mengaksesnya dengan mudah. Pada penelitian selanjutnya diharapkan dapat mengerucutkan aspek-aspek penilaian yang memang dibutuhkan dan membuat format penelitian yang lebih praktis. Sehingga produk siap diujicobakan pada skala yang lebih luas untuk mengukur keefektifan penggunaan produk instrumen penilaian autentik berbasis kinerja pada mata kuliah Korespondensi Bahasa Indonesia. Serta, seiring dengan perkembangan teknologi, instrumen penilaian autentik dapat dikembangkan menggunakan sistem digital untuk meningkatkan keefektifan penilaian.