SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Pelaksanaan Kurikulum 2013 Aspek Pembelajaran Berbasis Multimedia (Studi pada Guru Mata Pelajaran Produktif Program Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran SMKN 1 Turen Malang

Yuni Dwi Susetyowati

Abstrak


ABSTRAK

 

Susetyowati, Y. D. 2019. Analisis Pelaksanaan Kurikulum 2013 Aspek Pembelajaran Berbasis Multimedia (Studi pada Guru Mata Pelajaran Produktif SMKN 1 Turen Kabupaten Malang). Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. H. Sutrisno, M.M.

Kata Kunci: Kurikulum 2013, Pembelajaran Berbasis Multimedia

Terjadi perubahan pola pembelajaran dalam kurikulum 2013 yaitu aspek pembelajaran alat tunggal menjadi pembelajaran berbasis multimedia. Pola yang diamanatkan Kurikulum 2013 dalam pelaksanaannya masih terdapat permasalahan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan Kurikulum 2013 Guru Mata Pelajaran Produktif Program Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran SMKN 1 Turen Kabupaten Malang pada aspek pembelajaran berbasis multimedia.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Informan utama dalam penelitian ini terdiri dari 3 guru mata pelajaran produktif Program Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran SMKN 1 Turen Kabupaten Malang. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Prosedur penelitian ini adalah perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru mata pelajaran produktif Program Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran SMKN 1 Turensudah menerapkan pembelajaran berbasis multimedia terbukti bahwa, 1) guru menggunakan beragam media komunikasi dalam proses pembelajaran. Media yang digunakan berupaa)teks, b)gambar dan c)video. Tujuan penggunaan media dalam pembelajaran adalah agar peserta didik tertarik dengan materi yang diberikan guru sehingga peserta didik mudah memahami materi.  Media tersebut dapat digunakan secara klasikal dan individual. Pembelajaran klasikal melalui pembelajaran bersama dalam bentuk teks yang disajikan melalui power point, sedangkan individual siswa diberi handout ataupun linkberupa materiagar dapat dipelajari di rumah. Serta media tersebut dapat digunakan secara online maupun offline. Tujuannya agar siswa dapat belajar kapan saja dan dimana saja.2) Materi yang diberikan sudah sesuai dengan multimedia yang digunakan. Guru mata pelajaran produktif Program Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran selalu menyesuaikan dengan RPP antara materi yang diberikan dengan media yang digunakan. Hal tersebut bertujuan supaya siswa mudah memahami materi yang telah disampaikan guru. 3) guru mata pelajaran produktif  sudah melaksanakan tipe-tipe pembelajaran terbukti dengan menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan Kurikulum 2013 dan memberikan penguatan ketika peserta didik aktif dalam proses pembelajaran.