SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PengembangangModul Mata Pelajaran Administrasi Kepegawaian Berbasis Guided Inquiry untuk Meningkatkan Kemandirian dan Hasil Belajar Peserta Didik (Studi pada Peserta Didik Kelas XII APK 1 di SMK Muhammadiyah 3 Singosari)

Dita Cahyani

Abstrak


ABSTRAK

 

Cahyani, Dita. 2019. PengembangangModul Mata Pelajaran Administrasi Kepegawaian Berbasis Guided Inquiry untuk Meningkatkan Kemandirian dan Hasil Belajar Peserta Didik (Studi pada Peserta Didik Kelas XII APK 1 di SMK Muhammadiyah 3 Singosari). Skripsi, Jurusan Manajemen, Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran, Fakultas Ekonomi, UniversitasNegeri Malang. Pembimbing: Dr. Wening Patmi Rahayu, S.Pd., M. M.

Kata kunci:modul, guided inquiry, kemandirianbelajar, hasilbelajar

            Penelitian pengembangan yang dilakukan oleh peneliti ini didasari atas terbatasnya bahan ajar pada mata pelajaran Administrasi Kepegawaian. Berdasarkan pengamatan awal di lapangan, diketahui bahwa bahan ajar belum tersedia, sehingga peserta didik menjadi kurang mandiri dalam belajar, serta belum dapat mencapai hasil belajar secara maksimal. Salah satu faktor yang menyebabkanrendahnyahasilbelajarpesertadidikadalahtidaktersedianyabahan ajar yang komunikatif, sistematis, dan menarik bagi peserta didik. Proses pembelajaran dengan menggunakan modul yang diintegrasikan dengan strategi pembelajaran guided inquiry diharapkan dapat meningkatkan kemandirian belajar peserta didik, sehingga peserta didik dapat membangun sendiri pengetahuannya serta aktif dalam kegiatan pembelajaran di kelas.

            Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah 1) menghasilkan bahan ajar berupa Modul Mata Pelajaran Administrasi Kepegawaian Berbasis Guided Inquiry untuk peserta didik SMK/MAK Kelas XII Program Keahlian Administrasi Perkantoran, 2)mengetahui kelayakan Modul Mata Pelajaran Administrasi Kepegawaian Berbasis Guided Inquiry yang telah dikembangkan uji validasi dan uji coba modul pada kelompok kecil, dan 3) mengetahui perbedaan kemandirian dan hasil belajar peserta didik antara peserta didik yang menggunakan Modul Mata Pelajaran Administrasi Kepegawaian Berbasis Guided Inquiry dengan peserta didik yang tidak menggunakan modul tersebut

Rancangan penelitian ini merupakan hasil modifikasi dari model penelitian pengembangan Borg and Gall (dalam Sugiyono, 2016:409) melalui Sembilan langkah penelitian yaitu1) analisis kebutuhan, 2) penyusunan draft produk, 3) uji ahli materi dan ahli modul, 4) revisi draft produk, 5) uji coba produk, 6) revisip roduk, 7) uji pemakaian produk, 8) penyempurnaan produk, 9) produk akhir dan pembuatan master produk. Validasi modul dilakukan oleh satu orang dosen program studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Universitas Negeri Malang selaku ahli modul, satu orang guru mata pelajaran Administrasi Kepegawaian di SMK Muhammadiyah 3 Singosari selaku ahli materi, dan enam orang peserta didik kelas XII APK 3 selakuuser (penggunamodul).

            Berdasarkan hasil analisis data hasil validasi diketahui bahwa modul ini termasuk dalam criteria sangat valid/sangat layak untuk digunakan dengan persentase rata-rata validasi sebesar 96.87%. Dari aspek efektivitas produk diperoleh data bahwa modul ini efektif digunakan dalam proses pembelajaran, dilihat dari perbedaan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen dengan kelas control yaitu sebesar 83.98 dan 79.72 serta perbedaan rata-rata kemandirian belajar kelas eksperimen dengan kelas control yaitu sebesar 83% dan 73%.

            Saran bagi pengembangan lebih lanjut, guru matapelajaran Administrasi Kepegawaian dan peserta didik untuk menggunakan modul ini sebagai alternative bahan ajar untuk menunjang kegiatan pembelajaran.