SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Instrumen Penilaian Autentik Kognitif Dan Psikomotorik Berbasis Kinerja Mata Pelajaran Kearsipan (Studi Pada Siswa Kelas X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di SMK Cendika Bangsa Kepanjen)

Eka Novita Sari

Abstrak


ABSTRAK

 

Sari, Eka Novita , 2018. Pengembangan Instrumen Penilaian Autentik Kognitif Dan Psikomotorik Berbasis Kinerja Pada Mata Pelajaran Kearsipan. Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Wening Patmi Rahayu, S.Pd., M.M.

Kata Kunci: Penilaian autentik, penilaian kognitif, penilaian psikomotorik, penilaian kinerja

Penilaian autentik merupakan salah satu penilaian yang diterapkan pada kurikulum 2013. Penilaian autentik mengharuskan siswa untuk melakukan tugas berdasarkan pengalaman dalam kehidupan nyata agar siswa memahami materi yang telah diajarkan. Salah satu penilaian autentik yang dapat diterapkan pada kurikulum 2013 adalah penilaian kinerja, karena penilaian kinerja adalah penilaian yang dilakukan oleh guru untuk menilai tindakan siswa yang dilakukan secara langsung melalui tugas kinerja (praktik). Pada praktik dilapangan guru masih belum melakukan penilaian secara autentik, dikarenakan guru mengalami kesulitan dalam pembuatan rubrik penilaian terutama pada aspek psikomotorik. Berdasarkan hal tersebut maka perlu dilakukan pengembangan mengenai instrumen penilaian autentik berbasis kinerja yang layak digunakan untuk menilai siswa.

Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah 1) menghasilkan instrumen penilaian autentik kognitif dan psikomotorik berbasis kinerja pada Kompetensi Dasar Prosedur Penggunaan Arsip Mata Pelajaran Kearsipan yang sesuai dengan kurikulum 2013, 2) untuk mendeskripsikan kelayakan dari instrumen yang telah dikembangkan berdasarkan hasil dari validasi oleh ahli penilaian dan validasi oleh ahli materi.

Pengembangan instrumen penilaian ini menggunakan langkah-langkah sebagai berikut: (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data; (a) studi literatur, (b) perencanaan, (3) pengembangan produk, (4) validasi produk, (5) uji coba terbatas, (6) revisi produk dan produk akhir. Penelitian dan pengembangan ini berfokus pada penilaian aspek kognitif dan psikomotorik berbasis kinerja pada Mata Pelajaran Kearsipan. Validasi dilakukan oleh dosen Manajemen yang ahli pada bidang penilaian dan guru kearsipan sebagai ahli materi, sedangkan uji coba terbatas dilakukan oleh guru kearsipan dan siswa kelas X jurusan OTKP SMK Cendika Bangsa Kepanjen untuk menentukan kelayakan Lembar Kerja Siswa dari sisi pengguna.

Hasil validasi oleh validator ahli penilaian memiliki persentase sebesar 91% untuk aspek kognitif dan 92% untuk aspek psikomotorik yang dinyatakan “sangat layak”, sedangkan untuk hasil validasi oleh ahli materi diperoleh hasil sebesar 93% untuk aspek kognitif dan 94% untuk aspek psikomotorik. Hasil uji coba terbatas oleh guru yang dilakukan secara langsung dikelas untuk mengetahui kelayakan instrumen yang telah diterapkan memperoleh hasil sebesar 94% yang dinyatakan “sangat valid” dan respon siswa terhadap kemudahan Lembar Kerja Siswa yang diterapkan langsung dikelas memperoleh hasil persentase sebesar 90% yang dinyatakan “sangat valid”.

Saran pemanfaatan produk perlu digunakan untuk latihan persiapan Ujian Kompetensi Kejuruan kelas XII karena produk dapat mengasah kemampuan siswa. Saran diseminasi yaitu produk pengembangan instrumen penilaian yang dihasilkan masih dikembangkan di SMK Cendika Bangsa Kepanjen apabila ingin mengembangkan produk ini lebih luas, maka harus mengonfirmasikan pada MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran). Saran pengembangan produk lebih lanjut diharapkan untuk peneliti lain meneruskan penelitian sampai pada tahap diseminasi dan implementasi, perlu dilakukan uji coba keefektifan produk dengan membandingkan hasil penilaian dengan menggunakan produk dan tidak menggunakan produk.